Repository Universitas Andalas

PERANAN ULAMA DALAM MEMASYARAKATKAN KELUARGA BERENCANA DI KECAMATAN BATIPUAH KABUPATEN TANAH DATAR

Izharman, Izharman (2008) PERANAN ULAMA DALAM MEMASYARAKATKAN KELUARGA BERENCANA DI KECAMATAN BATIPUAH KABUPATEN TANAH DATAR. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PERANAN ULAMA DALAM MEMASYARAKATKAN KELUARGA BERENCANA DI KECAMATAN BATIPUAH KABUPATEN TANAH DATAR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (461Kb) | Preview

Abstract

Ulama merupakan salah satu dari bentuk pemuka masyarakat yang mempunyai peranan dalam pembinaan kehidupan beragama di daerah tempat tinggalnya. Program keluarga berencana merupakan suatu kebijaksanaan nasional yang sekaligus merupakan program nasional yang selalu dituangkan dalam GBHN sejak pelita I sampai pelita V sekarang dan program pelita selanjutnya. Program KB tersebut dalam rangka menciptakan keseimbangan antara sumber daya manusia dengan sumber daya alam untuk mencapai tujuan cita-cita nasional. Namun dalam memasyarakatkan keluarga berencana harus memperhatikan nilai-nilai agama, adat dan nilai moral yang dianut oleh masyarakat. Dalam hal ini ulama secara eksplisit mempunyai tugas ganda, yaitu disatu pihak ulama bertugas sebagai pewaris nabi dalam mengembangkan kehidupan beragama dan dipihak lain sebagai pemuka masyarakat ulama dituntut untuk mendukung dan memasyarakatkan program KB nasional karena tugas nasional pada hakekatnya adalah juga merupakan tugas seorang ulama sebagai tokoh, pemuka dan panutan masyarakat. Berdasarkan dari latar belakang masalah tersebut diatas peneliti ingin mengetahui sejauh mana peranan ulama di kecamatan Batipuah dalam memasyarakatkan KB sesuai dengan peranannya sebagai juru dakwah Islamiah yang diembannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Dec 2011 15:13
Last Modified: 05 Dec 2011 15:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16608

Actions (login required)

View Item View Item