Repository Universitas Andalas

REALISASI PENGATURAN DAN PENGELOLAAN TANAH ULAYAT MINANGKABAU DI KECAMATAN GUGUK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Priharti, Damas Reny (2008) REALISASI PENGATURAN DAN PENGELOLAAN TANAH ULAYAT MINANGKABAU DI KECAMATAN GUGUK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (REALISASI PENGATURAN DAN PENGELOLAAN TANAH ULAYAT MINANGKABAU DI KECAMATAN GUGUK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398Kb) | Preview

Abstract

Dalam negara republik Indonesia yang susunan masyarakatnya bercorak agraris, dengan demikian masalah pertanahan merupakan aspek kehidupan manusia yang amat penting. Jika kita membicarakan masalah tanah di Minangkabau maka kita juga harus menghubungkannya dengan ketentuan tentang pertanahan yang ada dalam hukum adat Minangkabau, hal ini disebabkan karena tanah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hukum adat Minangkabau, sebab faktor tanah merupakan salah satu pemersatu masyarakat Minangkabau, karena dimanapun mereka berada diikat oleh satu faktor kesatuan hukum tanah menurut adat Minangkabau. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah telah terjadi perkembangan dan atau perubahan dalam pengaturan tanah ulayat tersebut, seiring dengan terjadinya perkembangan dan perubahan masyarakat serta zaman. Sedangkan metodologi yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah peneliti sebagai partisipan dan mengamati secara langsung ke lokasi penelitian dengan mengadakan wawancara langsung dengan kepala desa, mamak-mamak kepala waris (pemuka masyarakat), di lokasi penelitian yang dipilih sebagai sampel. Dari sini penulis memperoleh gambaran bahwa struktur pengelolaan dan pengaturannya diatur secara tersendiri, dimana pemilikannya adalah oleh para anggota kaum suku dan nagari secara bersama-sama dan tanah itu dibagi sebagai tanah ulayat kaum, suku dan nagari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 08:00
Last Modified: 07 Dec 2011 08:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16618

Actions (login required)

View Item View Item