Repository Universitas Andalas

SUBSTITUSI NUCKLEOFILIK: AMINASI DARI 3-BROMO TRI FLUORO METIL BENZEN DENGAN KATALIS NICKEL (II)

Darwis, Djaswir and Mardiah , Elida and Djoelin, Sjolfiadi and Afrizal, Afrizal and Fahmi, Rizal (2008) SUBSTITUSI NUCKLEOFILIK: AMINASI DARI 3-BROMO TRI FLUORO METIL BENZEN DENGAN KATALIS NICKEL (II). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (SUBSTITUSI NUCKLEOFILIK: AMINASI DARI 3-BROMO TRI FLUORO METIL BENZEN DENGAN KATALIS NICKEL (II)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (338Kb) | Preview

Abstract

Kesulitan yang ditemukan dalam reaksi subtitusi nukleofilik terhadap substrat halogeno-aromatik dapat diatasi dengan menggunakan katalis logam-logam transisi. Dalam reaksi aminasi dari 3-bromo trifluorometil benzen yang dikatalisa dengan katalis nickel (II) tanpa ligand (NiBr2) dan dengan ligand khelat nitrogen seperti di-bromo bisbipyridin nickel(II) dan di-bromo bis ortho phenantrolin nickel(II) telah didapatkan produk reaksi berupa 3-N allil trifluorometil benzen. Pada reaksi ini telah dipelajari pengaruh katalis, waktu reaksi, temperatur reaksi serta pelarut yangh digunakan, terhadap produk yang dihasilkan. Rendemen produk makin tinggi, waktu reaksi makin lama dan untuk katalis yang mempunyai struktur kurang sesak seperti di-bromo bis-pyridin nikel (II), sehingga dapat dikatakan katalis tersebut mempunyai aktifitas yang tinggi. Dari ketiga katalis dan juga pelarut yang digunakan, tidak ditemukan produk reaksi sampingan. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan kondisi reaksi yang dilakukan, katalis mempunyai regioselektif yang besar dan tidak memodifikasi substrat, sehingga pemisahan dan pemurnian produk sangat mudah dilakukan dan merupakan suatu keuntungan dalam sintesa senyawa organik pada proses industri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 07 Dec 2011 07:59
Last Modified: 07 Dec 2011 07:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16630

Actions (login required)

View Item View Item