Repository Universitas Andalas

PENGARUH STRES ALUMINUM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT JAGUNG (Zea mays L.) MELALUI KULTUR HARA

S, Rachmawaty and Syamsuardi, Syamsuardi (2008) PENGARUH STRES ALUMINUM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT JAGUNG (Zea mays L.) MELALUI KULTUR HARA. Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENGARUH STRES ALUMINUM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT JAGUNG (Zea mays L.) MELALUI KULTUR HARA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (335Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh stres aluminium terhadap pertumbuhan bibit jagung (Zea mays L.) di dalam kultur hara. Penelitian ini dilaksanakan di laboratoriun Biologi Universitas Andalas Padang, yang berlangsung selama tiga minggu pada bulan November 1993. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu kosentrasi Al 0, 4, 8, 16 dan 32 ppm dengan 6 replikasi (ulangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres Al menyebabkan pertumbuhan akar primer tertekan dan pembentukan akar sekunder berkurang, sehingga pertumbuhan vegetatif (tinggi) tanaman terhambat. Konsentrasi Al 8 ppm dengan durasi 3 hari merupakan batas toleransi maksimum bagi tananan jagung arjuna untuk dapat bertahan dalam kondisi stres. Pada keadaan tersebut strain yang ditimbulkan bersifat elastis, (tanaman masih berusaha melakukan penyembuhan (recovery). Kosehtrasi Al lebih dari 8 ppm dengan durasi lebih dari 3 hari menyebabkan terjadinya strain plastis, sehingga menghambat pertumbuhan panjang akar primer, pertambahan jumlah akar sekunder dan mengurangi penambahan tinggi tananan. Kosentrasi Al dan lamanya pengenaan Al (durasi) merupakan dua faktor yang menentukan pengaruh stres Al pada perkecambahan jagung pada media kultur hara.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QK Botany
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 21 Dec 2011 03:57
Last Modified: 21 Dec 2011 03:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16730

Actions (login required)

View Item View Item