Repository Universitas Andalas

PENDAPATAN ASLI DESA DAN PROSPEKNYA DI MASA DATANG DI KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR.

Raqef., H. Azhar (2008) PENDAPATAN ASLI DESA DAN PROSPEKNYA DI MASA DATANG DI KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR. Project Report. UNAND. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (PENDAPATAN ASLI DESA DAN PROSPEKNYA DI MASA DATANG DI KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (587Kb) | Preview

Abstract

Sebagaimana yang diketahui, bahwa sebahagian besar rakyat Indonesia masih tinggal di Daerah Pedesaan yang tersebar diseluruh wilayah Republik Indonesia yang sebahagiannya adalah di beberapa Desa di Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. sesuai dengan maksud TAP MPR No. II/MPR/1983 perlu adanya pembinaan yang efektif terhadap masyarakat pedesaan baik secara formil maupun materil, sehingga masyarakat yang adil dan makmur sebagaimena yang dimaksudkan dalam pembukaan UUD 1945 akan daPat diwujudkan. Untuk dapat menuju kearah yang demikian tentu dilaksanakan pembangunan daerah pedesaan. Pembangunan tentu memerlu kan dana. Dana yang dimaksud dapat bersumber dari beberapa sektor Seperti dari pendapatan Asli Desa pendapatan yang berasal dari pemberian Pemerintah dan lain-lain pendapatan yang sah, sebagaimana yang dimaksudkan dalam UUD. 5 tahun 1979 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Desa dan Kelurahan. Jadi dengan demikian pendapatan Asli Desa adalah merupakan salah satu sumber pendapatan Desa, dimana PAD itu adalah merupakan segala usaha yang dilakukan oleh pernerintah desa untuk menunjang penyelenggaraan Pemerintahan Desa dalam rangka pelaksanaan otonomi Desa. Pendapatan Asli Desa terdiri dari hasil tanah Kas Desa, sWadaya dan partisipasl masyarakat desa, hasil gotong royong masyarakat desa dan lain-lain hasil dari usaha desa yang sah. Dibeberapa Desa di Kecamalan Pariangan ditemui adanya Tanah Kas Desa dan lain-laln usaha desa yang sah. Jika tanah Kas Desa itu dikelola dengan baik, maka akan dapat mendetang kan hasil yang cukup baik dimasa mendatang disamping adanya usaha-usaha Desa. Untuk dapat nenambah dan meningkatkan pendapatan Desa di Kecamatan Parlangan ada beberapa potensi desa yang belum dikelola pada masa-masa yang 1alu. namun menurut pengamatan sumber pendapatan itu merpunyai prospek yang cukup baik untuk dikelola dimasa mendatang. Adapun sumber-sumber yand di maksud adalah seperti tempat pemandian air panas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 21 Dec 2011 03:57
Last Modified: 21 Dec 2011 03:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16738

Actions (login required)

View Item View Item