Repository Universitas Andalas

SKRINING FARMAKOLOGI SENYAWA AKTIF KULIT BATANG AKAR KAIT (Uncaria glabrata DC. Rubiaceae)

Armenia, Armenia and Rusdi, Rusdi and A, Almahdy and Dahlan, Radjuddin and Suharti, Netty (2008) SKRINING FARMAKOLOGI SENYAWA AKTIF KULIT BATANG AKAR KAIT (Uncaria glabrata DC. Rubiaceae). Project Report. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (SKRINING FARMAKOLOGI SENYAWA AKTIF KULIT BATANG AKAR KAIT (Uncaria glabrata Dc. Rubiaceae)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268Kb) | Preview

Abstract

Skrining farmakologi terhadap senyawa aktif hasil fraksinasi ekstrak metanol kulit batang tumbuhan akar kait (Uncaria glabrata DC., Rubiaceae) telah dilakukan di Laboratorium Farmakologi Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Andalas Padang. Skrining farmakologi dilakukan terhadap fraksi CHCl3-basa, CHCl3 netral dan fraksi butanol (BuOH) melalui uji perpanjangan waktu tidur mencit yang diinduksi dengan pentobarbital 50 mg/kg menurut metoda Janssen et al. untuk efek penekanan sistem saraf pusat. Penelitian yang sama dilanjutkan terhadap fraksi yang dianggap poten yang kemudian dilengkapi dengan uji potensiasi amfetamin untuk efek perangsangan sistem saraf pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa aktif dalam fraksi CHCl3-basa dapat memperpanjang waktu tidur mencit yang diinduksi dengan pentobarbital (p < 0,05), sedangkan fraksi CHCl3-netral dan fraksi BuOH tidak memberikan efek yang bermakna dibandingkan dengan kelompok kontrol (p > 0,1). Senyawa-senyawa aktif dalam fraksi BuOH dapat menginduksi konvulsi dan kematian pada mencit yang diberi amfetamin pada dosis 80 mg/kg (EDik50 = 2,91 (0,68 - 4,70 mg/kg dan EDim50 = 4,42 (1,52 - 8,06) mg/kg).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Dec 2011 06:51
Last Modified: 20 Dec 2011 06:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16745

Actions (login required)

View Item View Item