Repository Universitas Andalas

Pengaruh Undang-Undang Perkawinan Nasional (UU No. 1 Tahun 1974) Terhadap Frekuensi Perceraian Dan Poligami Di Sumatera Barat (Studi Kasus Di Lima Kaum Dan Sungai Tarab)

Thalib, Sjofjan (2008) Pengaruh Undang-Undang Perkawinan Nasional (UU No. 1 Tahun 1974) Terhadap Frekuensi Perceraian Dan Poligami Di Sumatera Barat (Studi Kasus Di Lima Kaum Dan Sungai Tarab). Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Undang-Undang Perkawinan Nasional (UU No. 1 Tahun 1974) Terhadap Frekuensi Perceraian Dan Poligami Di Sumatera Barat (Studi Kasus Di Lima Kaum Dan Sungai Tarab)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (507Kb) | Preview

Abstract

Kelahiran Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 pada tanggal 2 Januari 1974, yang diefektifkan berlakunya oleh Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975, pada tanggal 1 Oktober 1975, merupakan pangkal tolak dilakukannya penelitian ini. Undang-Undang tersebut selanjutnya disebut Undang-Undang Perkawinan Nasional, disingkat UUPN mengandung enam asas yang dimuat di dalam memori penjelasannya. Dua diantara asas-asas itu adalah : asas monogami dan asas mempersukar terjadinya perceraian, karena perkawinan bertujuan untuk membentuk keluarga yang bahagia, kekal dan sejahtera. Selama ini telah dikenal luas bahwa pada masyarakat Minangkabau banyak terjadi poligami dan perceraian. Karenanya merupakan tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh penerapan UUPN terhadap frekuensi poligami dan perceraian di daerah Sumatera Barat, setidak-tidaknya di daerah penelitian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 20 Dec 2011 06:49
Last Modified: 20 Dec 2011 06:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16761

Actions (login required)

View Item View Item