Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PUTUSAN ARBITRASE ASING BERKAITAN DENGAN ASAS KETERTIBAN UMUM DI INDONESIA MENURUT KONVENSI NEW YORK 1958

Listya, Farrah Ratna (2010) PELAKSANAAN PUTUSAN ARBITRASE ASING BERKAITAN DENGAN ASAS KETERTIBAN UMUM DI INDONESIA MENURUT KONVENSI NEW YORK 1958. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PUTUSAN ARBITRASE ASING BERKAITAN DENGAN ASAS KETERTIBAN UMUM DI INDONESIA MENURUT KONVENSI NEW YORK 1958) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (61Kb) | Preview

Abstract

Sebagai negara berkembang Indonesia tidak dapat terlepas dari negara lain, dalam pelaksanaan pembangunannya Indonesia sangat membutuhkan modal yang berasal dari luar negeri. Oleh karena itu Indonesia harus membuka diri untuk melakukan hubungan-hubungan dengan negara lain dalam hal penanaman modal di Indonesia. Namun adakalanya, hubungan tersebut menimbulkan sengketa dikemudian hari dan harus diselesaikan melalui lembaga yang ada, salah satunya adalah Lembaga Arbitrase Internasional. Dengan diratifikasinya Konvensi New York 1958 dan konvensi ICSID 1965 telah memberikan jaminan bahwa putusan arbitrase asing dapat dilaksanakan di Indonesia. Tetapi dalam pelaksanaannya, putusan arbitrase asing itu tidak dapat secara langsung dilaksanakan apabila bertentangan dengan ketertiban umum Indonseia.Konvensi New York 1958 merupakan suatu Konvensi Internasional yang memberikan pengakuan atas pelaksanaan putusan arbitrase yang diambil diluar wilayah negara di mana putusan tersebut akan dilaksanakan. Indonesia meratifikasi konvensi ini pada tahun 1981 melalui Keputusan Presiden Nomor 34 Tahun 1981 dan kemudian pada tahun 1990 lahir Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 1990 tentang Tata Cara Pelaksanaan Putusan Arbitrase Asing, didalamnya mensyaratkan bahwa putusan arbitrase asing dapat diterapkan di Indonesia apabila tidak bertentangan dengan ketertiban umum di Indonesia. Adapun sebagai permasalahan dalam skripsi ini penulis membahas, bagaimana peranan serta pelaksanaan Konvensi New York 1958 tentang pengakuan dan pelaksanaan putusan arbitrase asing dikaitkan dengan asas ketertiban umum di Indonesia dan konsekuensi yuridisnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian hukum normative atau studi pustaka, sedangkan sumber data memakai data sekunder, analisa data bersifat kualitatif, yaitu hasil pembahasan data tidak berupa angka-angka. Dari hasil penelitian ini penulis dapat mengetahui bahwa peranan asas ketertiban umum dalam pelaksanaan Konvensi New York 1958 adalah sebagai suatu asa fundamental yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan putusan Arbitrase Asing di Indonesia, diamna asas ini berperan sebagai pembatas terhadap putusan-putusan arbitrase asing yang akan dilaksanakan di Indonesia. Apabila dikaitkan dengan pelaksanaan Konvensi New York 1958, maka asas ketertiban umum merupakan salah satu asas yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan putusan arbitrase asing. Konsekuensi yuridis dari penerapan asas ketertiban umum adalah apabila Mahakamah Agung menilai putusan arbitrase asing yang akan diterapkan itu tidak bertentangan dengan Ketertiban umum, maka permohonan-permohonan exequatur dapat dikabulkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Dec 2011 09:19
Last Modified: 20 Dec 2011 09:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16773

Actions (login required)

View Item View Item