Repository Universitas Andalas

ANALISIS KADAR AIR, FOSFOR, KALIUM DAN KARBON ORGANIK PADA KOMPOS YANG DIBUAT DARI TANDAN KELAPA SAWIT DENGAN AKTIVATOR LUMPUR AKTIF PT. BUMI SARIMAS INDONESIA (COCOMAS)

Wahyuni, Sahri (2011) ANALISIS KADAR AIR, FOSFOR, KALIUM DAN KARBON ORGANIK PADA KOMPOS YANG DIBUAT DARI TANDAN KELAPA SAWIT DENGAN AKTIVATOR LUMPUR AKTIF PT. BUMI SARIMAS INDONESIA (COCOMAS). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KADAR AIR, FOSFOR, KALIUM DAN KARBON ORGANIK PADA KOMPOS YANG DIBUAT DARI TANDAN KELAPA SAWIT DENGAN AKTIVATOR LUMPUR AKTIF PT. BUMI SARIMAS INDONESIA (COCOMAS)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89Kb) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai analisis kompos yang dibuat dari tandan kelapa sawit dengan aktivator lumpur aktif cocomas telah dilakukan. Pembuatan kompos ini dilakukan dengan memvariasikan berat tandan kelapa sawit dan aktivator lumpur aktif cocomas. Dari kompos yang dihasilkan diuji kandungan air, fosfor, kalium dan karbon organik. Kandungan kalium dalam kompos dianalisis dengan metoda Spektrofotometri Serapan Atom (SSA) dan kandungan fosfor serta karbon organik dianalisis dengan metoda spektrofotometri dimana hasil yang diperoleh dibandingkan dengan SNI 19-7030-2004. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan aktivator lumpur aktif cocomas membutuhkan waktu selama 14 minggu untuk proses pengomposan. Hasil yang paling mendekati standar SNI 19-7030-2004 dimana untuk kandungan air terdapat pada kompos dengan perbandingan antara aktivator lumpur aktif cocomas dan tandan kelapa sawit 1 : 4 yaitu 49,02%, kandungan fosfor terdapat pada kompos dengan perbandingan 1 : 4 yaitu 0,11%, dan untuk karbon organik pada kompos dengan perbandingan 1 : 3 yaitu 25,59%. Sedangkan kandungan kalium sangat tinggi pada setiap variasi komposisi kompos. Kandungan kalium terendah terdapat dalam kompos dengan perbandingan 1 : 5 yaitu 0,57%, tetapi masih melebihi standar SNI 19-7030-2004. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lumpur aktif cocomas dapat dijadikan aktivator untuk pembuatan kompos dari tandan kelapa sawit yang menghasilkan kompos sesuai dengan standar SNI19-7030-2004 dan kaya unsur kalium.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:34
Last Modified: 03 Jan 2012 14:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16820

Actions (login required)

View Item View Item