Repository Universitas Andalas

PROSES REKRUITMEN KADER PEREMPUAN PKS DAN DEMOKRAT PADA PEMILU LEGISLATIF 2009-2014 DI KOTA BUKITTINGGI

SARI, SILVI PERMATA (2010) PROSES REKRUITMEN KADER PEREMPUAN PKS DAN DEMOKRAT PADA PEMILU LEGISLATIF 2009-2014 DI KOTA BUKITTINGGI. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (PROSES REKRUITMEN KADER PEREMPUAN PKS DAN DEMOKRAT PADA PEMILU LEGISLATIF 2009-2014 DI KOTA BUKITTINGGI ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (85Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang bagaimana proses rekruitmen kader perempuan oleh partai politik (PKS dan Demokrat) pada Pemilu Legislatif periode 2009-2014 di Kota Bukittinggi. Konsep yang digunakan adalah konsep partai politik dan rekrutmen politik. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian yang digunakan deskriptif. Data primer diperoleh langsung dari informan yang dilakukan dengan wawancara langsung terhadap responden, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi, studi kepustakaan dan data-data yang berkaitan dengan partai. Untuk menentukan informan, peneliti menggunakan teknik Purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini maka dilakukan dengan cara triangulasi data. Konsep yang digunakan adalah konsep dari kepemimpinan Alan Ware, untuk menjelaskan proses rekruitmen kader perempuan PKS dan Demokrat pada pemilu legislatif periode 2009-2014 di Kota Bukittinggi. Alan Ware mengemukakan lima cara dalam prosedur seleksi, dengan menggunakan kelima poin ini maka peneliti mendapatkan hasil bahwa proses rekruitmen kader perempuan PKS dan Demokrat Bukittinggi telah terlaksana dengan baik, dimana terdapat prosedur atau ketentuan dan batas seleksi yang jelas dalam proses pencalonan. Akhirnya, pada penelitian ini menyimpulkan bahwa PKS dan Partai Demokrat pada pemilu legislatif untuk periode 2009-2014 di Kota Bukittinggi telah menggunakan aturan dan prosedur yang jelas serta adanya keterbukaan dalam proses rekruitmennya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:34
Last Modified: 03 Jan 2012 14:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16823

Actions (login required)

View Item View Item