Repository Universitas Andalas

PENGARUH ALOKASI DANA PERIMBANGAN TERHADAP KETIMPANGAN EKONOMI REGIONAL DI PROVINSI JAMBI

ZASRIATI, MASRIDA (2011) PENGARUH ALOKASI DANA PERIMBANGAN TERHADAP KETIMPANGAN EKONOMI REGIONAL DI PROVINSI JAMBI. Masters thesis, Paca Sarjana..

[img]
Preview
PDF (PENGARUH ALOKASI DANA PERIMBANGAN TERHADAP KETIMPANGAN EKONOMI REGIONAL DI PROVINSI JAMBI ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (418Kb) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul ” Pengaruh Alokasi Dana Perimbangan terhadap Ketimpangan Ekonomi Regional di Provinsi Jambi bertujuan untuk menganalisa Bagaimana pengelompokan pertumbuhan ekonomi antar Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi dapat dilakukan berdasarkan Klassen Tipology, Seberapa besar tingkat ketimpangan pembangunan Ekonomi antar kabupaten/kota di Provinsi Jambi selama tahun 2000-2010, Adakah pengaruh Dana Perimbangan terhadap ketimpangan Ekonomi regional antar Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, serta Kebijakan dan Program pembangunan seperti apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketimpangan pembangunan ekonomi antar Kabupaten /Kota di Provinsi Jambi. Yang menjadi instrumen dalam penelitian ini adalah Pertumbuhan PDRB Atas dasar Harga Konstan, Pendapatan Perkapita rata-rata sehingga terlihat tingkat ketimpangan antar Kabupaten/ Kota serta Dana Perimbangan sehingga dapat diketahui pengaruh DAK, DAU dan DBH terhadap ketimpangan Ekonomi Regional di Provinsi Jambi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa ketimpangan pembangunan ekonomi regional antar Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi sejak tahun 2000 sampai tahun 2010 secara rata-rata sebesar 0,40 adalah ketimpangan relatif sedang. Dari klasifikasi tipology maka ada beberapa daerah yang masih dikatagorikan daerah sedang berkembang (Kuadran III) adalah Sarolangun dan Bungo, sedangkan Kabupaten Kerinci Merangin, Batang Hari, Muaro Jambi, dan Tebo merupakan Kabupaten/Kota berada pada daerah relatif terbelakang (Kuadran IV).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 22 Dec 2011 13:10
Last Modified: 22 Dec 2011 13:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16833

Actions (login required)

View Item View Item