Repository Universitas Andalas

EFEKTIFITAS SURFAKTAN DAN RECOVERY MEMBRAN DALAM DIFUSI FENOL ANTAR FASA TANPA ZAT PEMBAWA

KHAIRUNNISSA, KHAIRUNNISSA (2011) EFEKTIFITAS SURFAKTAN DAN RECOVERY MEMBRAN DALAM DIFUSI FENOL ANTAR FASA TANPA ZAT PEMBAWA. Other thesis, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS SURFAKTAN DAN RECOVERY MEMBRAN DALAM DIFUSI FENOL ANTAR FASA TANPA ZAT PEMBAWA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (281Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang efektifitas surfaktan dan recovery membran dalam difusi fenol antar fasa tanpa zat pembawa telah dilakukan. Penelitian diarahkan terhadap penggunaan surfaktan Tween-20, Sodium Dodecyl Sulfat (SDS) dan Asam oleat sebagai zat aktif permukaan untuk meningkatkan proses transpor fenol antar fasa selanjutnya dilakukan recovery membran. Sistem transpor dioperasikan dengan menggunakan 6 mL fenol ke dalam fasa sumber, 12 mL NaOH pada fasa penerima dan kloroform sebagai fasa membran. Teknis operasi dilakukan melalui pengadukan dengan memakai magnetik stirrer pada kecepatan 340 rpm dan waktu kesetimbangan 15 menit kemudian konsentrasi fenol didalam fasa penerima yang tersisa pada fasa sumber di monitor dengan memakai metoda 4- amino antipirin dan menggunakan Spektrofotometer spektronik 20 D pada ╬╗maks 510 nm. Dari hasil penelitian diperoleh persentase transpor fenol ke fasa penerima dengan penambahan surfaktan Tween-20, Sodium Dodecyl sulfat (SDS) dan asam oleat sebagai zat aditif berturut-turut 96,22 %; 91.84 % dan 96.05 %. Secara keseluruhan surfaktan Tween-20, SDS, dan Asam Oleat cukup efektif digunakan untuk meningkatkan keefektifan proses transpor fenol melalui teknik membran cair fasa ruah. Dari hasil Penelitian ini juga dapat diketahui bahwa pemakaian ulang membran kloroform dalam transpor fenol sangat efektif hanya untuk 2 x pengulangan dan mengalami penurunan nilai pada pemakaian ke 3 x.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 26 Dec 2011 07:34
Last Modified: 26 Dec 2011 07:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16836

Actions (login required)

View Item View Item