Yanto, Riki Yanto (2011) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU REMAJA. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
|
PDF (PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU REMAJA)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (122Kb) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berisikan tentang pengaruh game online terhadap perilaku remaja. Game online merupakan suatu wadah bermain bagi remaja yang sangat di gemari remaja, dimana game online tersebut terdapat berbagai macam jenis permainan yang mulai dari game strategi, pertualangan dan musical sehingga menimbulkan daya tarik bagi setiap orang yang memainkan game online tersebut. Game online tersebut juga menyediakan fitur fitur komunitas online yang disana terdapat para pemain game yang saling berkumpul dan menjadi sarana informasi bagi para pemain game online sehingga membentuk jaringan sosial antar sesama pemain game online. Seiring meningkatkan para gamers (pemain game) terutama remaja yang memainkan game tersebut rela mengahabiskan waktunya dan bolos sekolah atau kuliah yang hanya untuk memainkan game online tersebut sehingga menyebabkan aktivitas sekolah atau perkulihanya menjadi terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan dan mendeskripsikan faktor- faktor penyebab remaja yang bermain game online, serta mengindentifikasi bentuk pengawasan yang dilakukan orang tua dan mendeskripsikan pengaruh game online terhadap perilaku remaja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan naturalistik yang menghasilkan data deskriptif, yaitu metode yang berusaha mencari dan menyajikan data-data dari objek yang akan diteliti secara empiris dan terperinci secara alamiah atau wajar berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang agar perilakunya dapat di amati dengan jelas. Pemilihan informan dilalkukan secara porposive, orang-orang di ambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sendiri oleh peneliti sesuai dengan latar dan tujuan dalam penelitian. Adapun informan dalam penelitian tersebut adalah pemain game online, orang tua informan, dan juga pemilik game online tersebut. Dari hasil penelitian yang ditemukan, pengaruh game online terhadap remaja disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun faktor yang melatar belakangi adalah faktor internal yaitu faktor yanng timbul dalam diri sesorang seperti rasa ingin tahu,dan prestise dan faktor ekternal yaitu faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu seperti pengaruh dari teman sebaya(lingkungan teman bermain) dan keluarga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 24 Dec 2011 22:57 |
Last Modified: | 24 Dec 2011 22:57 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16852 |
Actions (login required)
View Item |