Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD dr. RASIDIN KOTA PADANG TAHUN 2011

ARI ANDI, RIZKI (2011) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD dr. RASIDIN KOTA PADANG TAHUN 2011. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD dr. RASIDIN KOTA PADANG TAHUN 2011 ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (92Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mutu Pelayanan kesehatan adalah penampilan yang pantas atau sesuai (yang berhubungan dengan standar-standar) dari suatu intervensi yang diketahui aman, yang dapat memberikan hasil kepada masyarakat yang bersangkutan dan yang telah mempunyai kemampuan untuk menghasilkan dampak pada kematian, kesakitan, ketidakmampuan dan kekurangan gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dimensi mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas di instalasi rawat inap RSUD dr. Rasidin Kota Padang tahun 2011. Jenis penelitian adalah penelitian observasional dengan pendekatan analitikdan menggunakan desain cross sectional study.. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juli tahun 2011. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi pada 81 responden di instalasi rawat inap RSUD dr. Rasidin Padang. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi (univariat) dan hubungan (bivariat). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 82,7% responden menyatakan tingkat kehandalan petugas tidak baik, 80,2% responden menyatakan daya tanggap petugas tidak baik, 80,2% responden menyatakan jaminan petugas tidak baik, 79% responden menyatakan empati petugas tidak baik,85,2% responden menyatakan bukti fisik tidak baik. Berdasarkan analisis bivariat diketahui bahwa terdapat hubunngan yang bermakna antara mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas. Dapat disimpulkan bahwa semakin rendah mutu pelayanan kesehatan maka semakin rendah pula tingkat kepuasan pasien. Untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan maka petugas diharapkan mampu memberikan pelayanan yang cepat dan bersedia menanggapi berbagai keluhan sesuai dengan kebutuhan pasien Daftar Pustaka : 23 (2000 – 2010) Kata kunci : Mutu, tingkat kepuasan, Jamkesmas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:33
Last Modified: 03 Jan 2012 14:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16885

Actions (login required)

View Item View Item