Repository Universitas Andalas

Optimasi Transpor Cu(II) dalam Membran Kloroform dengan APDC Sebagai Zat Pembawa Melalui Teknik Membran Cair Fasa Ruah

Simarmata , Maria (2011) Optimasi Transpor Cu(II) dalam Membran Kloroform dengan APDC Sebagai Zat Pembawa Melalui Teknik Membran Cair Fasa Ruah. Other thesis, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]
Preview
PDF (Optimasi Transpor Cu(II) dalam Membran Kloroform dengan APDC Sebagai Zat Pembawa Melalui Teknik Membran Cair Fasa Ruah ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (245Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Transpor Cu(II) 3,15 x 10 -4 M dengan zat pembawa amonium pirolidin ditiokarbamat (APDC) dapat dilakukan melalui teknik membran cair fasa ruah yang terdiri dari 6 mL larutan Cu(II) yang mengandung APDC sebagai fasa sumber, 12 mL larutan HNO3 sebagai fasa penerima, dan 30 mL fasa membran kloroform. Persentase transpor Cu(II) ditentukan dari persentase Cu(II) yang tertranspor ke fasa penerima dan yang tersisa di fasa sumber dengan menggunakan spektrofotometer serapan atom pada ╬╗maks 324,7 nm. Teknis operasi percobaan dibantu dengan pengadukan magnetik stirer pada kecepatan 300 rpm. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kondisi optimum transpor Cu(II) yaitu pada pH 4 dan perbandingan konsentrasi Cu(II) dengan APDC 1:30 untuk fasa sumber, konsentrasi HNO3 4 M untuk fasa penerima, dan lama pengadukan 2 jam. Pada kondisi ini, Cu(II) yang ditranspor ke fasa penerima 97,06 % sedangkan tersisa di fasa sumber tidak terdeteksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:33
Last Modified: 03 Jan 2012 14:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16895

Actions (login required)

View Item View Item