Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENGARUH VARIASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESARNYA KECEPATAN ANGIN PADA STRUKTUR GEDUNG

YULIANTI, YULIANTI (2010) ANALISIS PENGARUH VARIASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESARNYA KECEPATAN ANGIN PADA STRUKTUR GEDUNG. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH VARIASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESARNYA KECEPATAN ANGIN PADA STRUKTUR GEDUNG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47Kb) | Preview

Abstract

Seiring berjalannya waktu, tingkat perekonomian dan pertumbuhan yang semakin meningkat serta kebutuhan juga meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan manusia membutuhkan lahan, yang mana saat sekarang ini lahan semakin sempit terutama didaerah yang relatif datar. Untuk menangulangi hal tersebut salah satu pilihannya adalah lahan perbukitan atau lereng, yang nantinya akan dijadikan tempat memenuhi kebutuhan dengan membangun gedung-gedung tinggi. Namun alternatif pemilihan lahan tersebut masih menimbulkan kecemasan karena adanya pengaruh beban gempa dan angin yang berbeda disetiap daerah. Dengan bertambahnya ketingian suatu struktur dibutuhkan ketahan yang lebih terhadap beban horizontal yang berkerja pada struktur,yaitu beban gempa dan beban angin. Untuk struktur yang tinggi, pengaruh beban horizontal yaitu beban gempa dan beban angin jauh lebih besar dibandingkan beban vertikalnya. Untuk mengetahui bagaimana perilaku beban gempa dan angin pada struktur bangunan, dalam tugas akhir ini akan dibahas dan dibandingkan tentang pengaruh beban angin dan gempa pada struktur bangunan dengan variasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya kecepatan angi. Struktur bangunan yang ditinjau adalah struktur beton bertulang dengan ukuran denah 25 x 10 m, tinggi gedung 32 m, dengan jumlah lantai 8 lantai. Beban angin yang diberikan pada struktur berupa beban angin statis dengan kecepatan 120 mph dan beban gempa yang diberikan berupa beban gempa statis ekivalen. Respon struktur yang ditinjau berupa perbandingan gaya dalam, deformasi dan interstory drift akibat beban gempa dan beban angin dengan variasi faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan angin yaitu Faktor kecepatan angin berdasarkan variasi kekasaran permukaan dan Faktor pengaruh topografi (lereng dan perbukitan). Dari analisis pengaruh beban angin yang diberikan pada struktur gedung dapat diketahui bahwa kecepatan angin pada daerah yang datar tanpa daerah pengahalang (exposure D) dan daerah lereng memiliki kecepatan angin yang lebih besar dibandingan dengan daerah pusat kota dan perbukitan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:33
Last Modified: 03 Jan 2012 14:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16900

Actions (login required)

View Item View Item