Repository Universitas Andalas

KEBERADAAN WARUNG KELAMBU DALAM KONTEKS KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA PADANG TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTERAMAN MASYARAKAT (Studi di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang)

IQBAL, MUHAMMAD (2010) KEBERADAAN WARUNG KELAMBU DALAM KONTEKS KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA PADANG TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTERAMAN MASYARAKAT (Studi di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (KEBERADAAN WARUNG KELAMBU DALAM KONTEKS KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA PADANG TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTERAMAN MASYARAKAT (Studi di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (652Kb) | Preview

Abstract

Keberadaan warung kelambu di Kota Padang, khususnya di Pantai Pasir Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo merupakan salah satu penyimpangan sosial di masyarakat, dimana masyarakat Kota Padang mayoritas beragama Islam dan bersuku Minangkabau, yang memegang erat falsafah “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Syarak Mangato, Adat memakai”, tentunya akan merasa terganggu dengan adanya perbuatan asusila di tengah masyarakat. Meskipun Pemerintah Kota Padang telah mengeluarkan kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 11 tahun 2005 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, namun keberadaan warung kelambu di Pantai Pasir Jambak masih tetap bertahan sampai sekarang. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah keberadaan warung kelambu terhadap kebijakan Pemerintah Kota Padang nomor 11 tahun 2005 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman pemilik warung kelambu terhadap Perda nomor 11 tahun 2005 dan megetahui bagaimana tindakan Pemerintah Kota Padang dalam memberantas dan menertibkan keberadaan warung kelambu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik “purposive”. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat menjelaskan pada dasarnya masyarakat yang tinggal di Pantai pasir Jambak telah paham dengan Peraturan Pemerintah Kota Padang nomr 11 tahun 2005 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, tetapi karena desakan ekonomi dan sempitnya lapangan kerja maka Peraturan tersebut cendrung dilanggar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:33
Last Modified: 03 Jan 2012 14:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item