Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN, KARAKTERISASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA SERTA ANTIOKSIDAN ASAP CAIR DARI TANDAN SALAK (Salacca edulis reinw)

Ningsih, Annisa Hilda (2010) PEMBUATAN, KARAKTERISASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA SERTA ANTIOKSIDAN ASAP CAIR DARI TANDAN SALAK (Salacca edulis reinw). Other thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN, KARAKTERISASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA SERTA ANTIOKSIDAN ASAP CAIR DARI TANDAN SALAK (Salacca edulis reinw) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan asap cair, karakterisasi serta uji aktivitas antimikroba dan antioksidan dari tandan salak. Dari hasil pengukuran pH didapatkan pH asap cair sebesar 2,11. Hasil karakterisasi dengan GC-MS diperoleh 12 senyawa utama yang terkandung di dalam asap cair tandan salak. Uji aktivitas antimikroba menunjukkan bahwa asap cair tandan salak mampu menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella sp dan jamur Rhizopus sp. Uji aktivitas antioksidan juga menunjukkan bahwa asap cair tandan salak mampu menangkap radikal bebas (DPPH) yang ditentukan oleh besarnya hambatan serapan DPPH. Dari hasil penentuan logam dalam asap cair tandan salak dengan AAS terdapat beberapa logam dalam asap cair, dimana beberapa logam diantaranya merupakan logam yang dibutuhkan oleh tubuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:33
Last Modified: 03 Jan 2012 14:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item