Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENGARUH BEBAN GEMPA DAN BEBAN ANGIN PADA BANGUNAN DENGAN VARIASI GEOMETRIS BANGUNAN YANG TIDAK BERATURAN

IKHSAN, FARIZ (2010) ANALISIS PENGARUH BEBAN GEMPA DAN BEBAN ANGIN PADA BANGUNAN DENGAN VARIASI GEOMETRIS BANGUNAN YANG TIDAK BERATURAN. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH BEBAN GEMPA DAN BEBAN ANGIN PADA BANGUNAN DENGAN VARIASI GEOMETRIS BANGUNAN YANG TIDAK BERATURAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (41Kb) | Preview

Abstract

Dengan bertambahnya ketinggian suatu gedung maka beban lateral terhadap struktur semakin besar. Beban lateral tersebut adalah beban gempa dan beban angin. Analisis beban gempa pada struktur bangunan dipengaruhi oleh geometris bangunan tersebut. Untuk geometris bangunan yang tidak beraturan dianalisis dengan statik ekivalen sedangkan untuk bangunan tidak beraturan dianalisis berdasarkan analisis respon dinamik. Untuk beban angin secara garis besar perilakunya dipengaruhi oleh topografi,tipe bangunan, dan keadaan udara. Bangunan dengan geometris yang tidak beraturan akan memberikan respon yang berbeda terhadap beban gempa maupun beban angin jika dibandingkan dengan gedung yang beraturan. Oleh karena itu pada tugas akhir ini dibahas lebih lanjut pengaruh beban gempa dan beban angin pada strutur bangunan dengan veriasi geometris bangunan yang tidak beraturan . Struktur bangunan yang ditinjau adalah struktur beton bertulang dengan ukuran denah 30 x 15 m, tinggi gedung 32 m, jumlah lantai 8 lantai dengan 2 variasi geometris bangunan terhadap sumbu-x dan sumbu-z. Beban angin yang diberikan pada struktur berupa beban angin statis dengan kecepatan 120 mph dan beban gempa yang diberikan berupa beban gempa statis ekivalen dan respon spektrum.. Respon struktur yang ditinjau berupa perbandingan gaya dalam, deformasi, interstory drift, dan periode struktur akibat beban gempa dan beban angin terhadap masing-masing variasi geometri bangunan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:32
Last Modified: 03 Jan 2012 14:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16911

Actions (login required)

View Item View Item