Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS URINE SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.)

SURYA HARIADI , ADHE (2011) PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS URINE SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.). Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS URINE SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian dalam bentuk percobaan tentang pengaruh pemberian beberapa dosis urine sapi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman rosella (Hibiscus sabda-riffa L.) telah dilaksanakan di kebun percobaan fakultas pertanian universitas Andalas padang, yang berada pada ketinggian ± 350 m dpl mulai dari bulan Juli sampai dengan November 2010. Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan dosis urine sapi yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman rosella. Penelitian ini disusun berdasarkan racangan acak kelompok (RAK) dengan 6 taraf perlakuan dan 4 kelompok. Data hasil pengamatan dianalisis secara stastistik dengan uji F pada taraf nyata 5 %. Apabila F hitung lebih besar dari F tabel 5 % maka dilanjutkan dengan uji Duncan,s new multiple range (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Sebagai perlakuan adalah beberapa dosis urine sapi yang dilaksanakan adalah : 0 ml/tanaman (A), 800 ml/tanaman (B), 1.000 ml/tanaman (C), 1.200 ml/tanaman (D), 1.400 ml/tanaman (E 1.600 ml/tanaman (F). Variabel yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah cabang primer, jumlah cabang sekunder, panjang cabang, umur mulai berbunga, umur panen pertama, bobot bunga pertanaman, bobot bunga per plot dan jumlah bunga per tanaman dan per plot. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa pemberian beberapa dosis urine sapi memberikan pengaruh terhadap tinggi tanaman, umur mulai berbunga, jumlah bunga dan tidak memberikan pengaruh terhadap jumlah cabang primer se-belum pemangkasan, jumlah cabang primer dan sekunder setelah pemangkasan, bobot bunga tanaman rosella, dosis urine sapi 1.200 ml/ tanaman adalah yang terbaik untuk pertumbuhan tanaman rosella, yang memberikan pengaruh lebih tinggi, dan cabang primer yang lebih panjang pada umur 13 minggu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:32
Last Modified: 03 Jan 2012 14:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16913

Actions (login required)

View Item View Item