Repository Universitas Andalas

Kepuasan dan Kekurang-puasan Masyarakat Miskin Terhadap Pelayanan Kesehatan bagi Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di Kelurahan Pasar Ambacang Kota Padang

NURITASARI, LASMI (2010) Kepuasan dan Kekurang-puasan Masyarakat Miskin Terhadap Pelayanan Kesehatan bagi Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di Kelurahan Pasar Ambacang Kota Padang. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Kepuasan dan Kekurang-puasan Masyarakat Miskin Terhadap Pelayanan Kesehatan bagi Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di Kelurahan Pasar Ambacang Kota Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (160Kb) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan yang menyebabkan masyarakat mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup, termasuk dalam hal pelayanan kesehatan. Kondisi kesehatan yang baik, masih sulit dicapai oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, upaya pemerintah membantu masyarakat miskin dan tidak mampu untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan melalui program JAMKESMAS. Melalui program ini diharapkan bagi masyarakat miskin khususnya, dapat meningkatkan kesehatannya agar tidak mengalami ketertinggalan dari warga masyarakat lainnya yang lebih mampu untuk memenuhi kebutuhan mereka akan kesehatan. Akan tetapi, semua itu berbeda dengan kenyataan yang ada di lapangan, banyak orang-orang miskin yang tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara layak. Bertolak dari hal tersebut maka permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana pelayanan program JAMKESMAS di Puskesmas kelurahan Pasar Ambacang dan mengapa pemanfaat pelayanan program JAMKESMAS ada yang merasa puas dan tidak puas. Tujuan penelitian Mendiskripsikan pelayanan program JAMKESMAS di Puskesmas kelurahan Pasar Ambacang dan Menganalisa pemanfaat pelayanan program JAMKESMAS terhadap kepuasan dan ketidak-puasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data empiris seperti studi kasus, pengalaman pribadi, observasi, wawancara bebas, visual dan terfokus. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 23 informan, di mana informan tersebut dibagi atas 2 kelompok yaitu 7 orang informan kunci dan 15 orang informan biasa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada masyarakat yang puas dan tidak puas atas program pelayanan pengguna JAMKESMAS di lingkungan masyarakat Kelurahan Pasar Ambacang seperti kepuasan yang dirasakan oleh pengguna dalam kemudahan pelayanan yang diberikan terhadap pasien, kejelasan terhadap obat yang diberikan termasuk bagaimana pelayanan medis yang diberikan terhadap pasien dan keramahan petugas saat memberikan pelayanan terhadap pasien atau dapat terjadinya hubungan yang baik antara pasien dengan petugas Puskesmas. Sedangkan kekurang-puasan program tersebut juga dirasakan oleh masyarakat yang berupa tentang bagaimana prosedur dan pelayanan dari petugas yang kurang ramah dan sebagian masyarakat pengguna JAMKESMAS berfikir jika ia menggunakan JAMKESMAS maka ia akan dapat beberobat sampai sembuh, selain itu masyarakat juga merasakan obat yang diberikan oleh puskesmas tidak membuat mereka sembuh dari penyakit, selain masyarakat juga cepat sekali percaya dengan isu–isu yang tersebar bukan dari pengalaman sendiri tanpa berfikir ulang serta malas karena terbiasa berobat ke rumah–rumah bidan yang berada terdekat dari rumahnya. Bahwa tidak selalu program yang dibuat tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Aka tetapi, terjadinya kurang komunikasi antara pengguna program dan pelaksana program.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:32
Last Modified: 03 Jan 2012 14:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16924

Actions (login required)

View Item View Item