Repository Universitas Andalas

PENENTUAN NILAI MATA PELAJARAN KELAS X YANG MEMPENGARUHI PENJURUSAN SISWA DI SMA MENGGUNAKAN METODE ANALISIS REGRESI LOGISTIK (Studi Kasus Kelas X SMA N 3 Bukittinggi)

SARI, WINDA PERMATA (2011) PENENTUAN NILAI MATA PELAJARAN KELAS X YANG MEMPENGARUHI PENJURUSAN SISWA DI SMA MENGGUNAKAN METODE ANALISIS REGRESI LOGISTIK (Studi Kasus Kelas X SMA N 3 Bukittinggi). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENENTUAN NILAI MATA PELAJARAN KELAS X YANG MEMPENGARUHI PENJURUSAN SISWA DI SMA MENGGUNAKAN METODE ANALISIS REGRESI LOGISTIK (Studi Kasus Kelas X SMA N 3 Bukittinggi) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh peubah bebas (nilai mata pelajaran kelas X) terhadap peubah tak bebas (jurusan siswa) di SMA N 3 Bukittinggi. Oleh karena terjadi multikolinieritas pada peubah bebas maka dilakukan analisis faktor terhadap peubah bebas tersebut. Analisis faktor digunakan terhadap 11 peubah bebas (pubah asal) tersebut sehingga direduksi menjadi dua faktor baru yaitu: (1) faktor yang berkaitan dengan mata pelajaran ciri khas jurusan IPA dan Bahasa () dan (2) faktor yang berkaitan dengan mata pelajaran ciri khas jurusan IPS (). Selanjutnya dilakukan analisis regresi logistik terhadap kedua faktor tersebut. Hasil yang diperoleh ternyata hanya faktor yang berpengaruh nyata yaitu nilai mata pelajaran ciri khas jurusan Bahasa dan IPA. Nilai mata pelajaran ciri khas jurusan bahasa yaitu nilai Nilai Bahasa Indonesia, Nilai Bahasa Inggris, dan Nilai Bahasa Jepang, sedangkan nilai mata pelajaran ciri khas IPA yaitu Nilai Matematika, Nilai Fisika, Nilai Kimia dan Nilai Biologi. Nilai resiko (odds) untuk faktor pertama adalah sebesar exp ( = . Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu poin dari nilai mata pelajaran ciri khas jurusan IPA dan jurusan Bahasa mengakibatkan kenaikan resiko siswa untuk dijuruskan ke jurusan IPA sebesar 10.153. Berdasarkan nilai hit ratio, keakuratan model peluang logit sebesar 82.45 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model peluang logit yang terbentuk sudah layak digunakan untuk mengetahui mata pelajaran yang mempengaruhi jurusan siwa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Matematika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Matematika
Fakultas MIPA > Matematika
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:32
Last Modified: 03 Jan 2012 14:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16927

Actions (login required)

View Item View Item