Repository Universitas Andalas

PENGGUNAAN EUDRAGIT L 100 DALAM FORMULASI MIKROKAPSUL NATRIUM DIKLOFENAK DENGAN TEKNIK EMULSIFIKASI PENGUAPAN PELARUT

RAHMADEVI , RAHMADEVI (2011) PENGGUNAAN EUDRAGIT L 100 DALAM FORMULASI MIKROKAPSUL NATRIUM DIKLOFENAK DENGAN TEKNIK EMULSIFIKASI PENGUAPAN PELARUT. Masters thesis, Paca Sarjana..

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN EUDRAGIT L 100 DALAM FORMULASI MIKROKAPSUL NATRIUM DIKLOFENAK DENGAN TEKNIK EMULSIFIKASI PENGUAPAN PELARUT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (165Kb) | Preview

Abstract

Abstract Mikrokapsul adalah bentuk sediaan yang mengalami mikroenkapsulasi, yang mana partikel atau tetesan cairan zat aktif ( bahan inti ) dikelilingi atau dilapisi dengan suatu lapisan tipis dari bahan polimer (bahan penyalut) yang menghasilkan partikel berukuran mikrometer sampai milimeter. Polimer yang digunakan tergantung pada tujuan pembuatan mikrokapsul itu. Model obat yang digunakan sebagai bahan inti pada pembuatan mikrokapsul ini adalah natrium diklofenak yang merupakan salah satu obat anti inflamasi yang banyak direkomendasikan oleh dokter karena memiliki efek samping minimal dibandingkan obat anti inflamasi lain. Selain digunakan sebagai anti reumatik, natrium diklofenak juga mempunyai aktivitas antiradang dan analgetik-antipiretik. diklofenak mempunyai waktu paruh eliminasi yang pendek (3-6 jam), sehingga untuk mendapatkan efek terapi yang optimal harus diberikan dosis yang berulang. Obat dengan waktu paruh eliminasi yang sangat pendek membutuhkan jumlah obat yang cukup banyak pada setiap unit dosis untuk mempertahankan efek terapeutik yang berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:32
Last Modified: 03 Jan 2012 14:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16933

Actions (login required)

View Item View Item