Repository Universitas Andalas

KAJIAN PENGGUNAAN KALSIUM KLRODIA (CaCl2) TERHADAP UMUR SIMPAN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L.)

MARPAUNG, MONIKA (2011) KAJIAN PENGGUNAAN KALSIUM KLRODIA (CaCl2) TERHADAP UMUR SIMPAN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L.). Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (KAJIAN PENGGUNAAN KALSIUM KLRODIA (CaCl2) TERHADAP UMUR SIMPAN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (114Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Kajian Penggunaan Kalsium Klorida (CaCl2) terhadap Umur Simpan Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.) telah dilakukan pada bulan Desember 2010 – Maret 2011 di Laborarorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian (TPPHP) Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi CaCl2 dan lama perendaman dalam larutan tersebut terhadap perubahan sifat fisiko kimia ubi jalar ungu, dan umur simpan ubi jalar ungu. Penelitian ini dilakukan dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu tanpa perendaman (kontrol), dan perendaman ubi jalar ungu dalam larutan CaCl2 4% dan 8% dengan lama perendaman 60 menit dan 120 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konsentrasi CaCl2 dan lama perendaman terhadap perubahan fisiko kimia dan umur simpan ubi jalar ungu. Perendaman dalam larutan CaCl2 dapat menghambat laju penurunan mutu dan dapat mempertahankan warna ubi jalar ungu dibandingkan dengan kontrol (tanpa perendaman). Perlakuan terbaik terdapat pada perendaman dalam larutan CaCl2 8% selama 120 menit. Perendaman dalam larutan CaCl2 8% selama 120 menit dapat mempertahankan umur simpan ubi jalar ungu hingga 7 minggu, sedangkan pada ubi yang tidak direndam dalam CaCl2 hanya sampai 5 minggu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:31
Last Modified: 03 Jan 2012 14:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16974

Actions (login required)

View Item View Item