Repository Universitas Andalas

STRATEGI MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI PADA KELUARGA PANGULIK (Studi Kasus: Jorong Lumbung Bapereng Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar)

RAHMI , GUSTI (2011) STRATEGI MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI PADA KELUARGA PANGULIK (Studi Kasus: Jorong Lumbung Bapereng Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik..

[img]
Preview
PDF (STRATEGI MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI PADA KELUARGA PANGULIK (Studi Kasus: Jorong Lumbung Bapereng Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gusti Rahmi, 06192004. Strategi Melanjutkan Pendidikan Anak ke Perguruan Tinggi pada Keluarga Pangulik. (Studi Kasus: Jorong Lumbung Bapereng Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar). Skripsi, Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang, 2011. Dalam penelitian ini yang menjadi objek kajian peneliti adalah keluarga pangulik dalam masyarakat Jorong Lumbung Bapereng yang melanjutkan pendidikan anaknya ke perguruang tinggi, dimana pendapatan keluarga pangulik ini tergolong rendah namun mereka mampu membiayai pendidikan anakn. Keluarga pangulik merupakan keluarga yang pekerjaannya mangulik atau menguliti batang kulit manis pada lahan kulit manis milik orang lain karena mereka tidak memiliki lahan sendiri. Penelitian ini memfokuskan pada kondisi ekonomi keluarga pangulik yang melanjutkan pendidikan anak mereka sampai ke perguruan tinggi. Penelitian ini membahas mengenai strategi yang digunakan oleh keluarga pangulik untuk melanjutkan pendidikan anak mereka ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, dimana peneliti menentukan siapa-siapa yang dijadikan informan dengan menetapkan kriteria informan. Dalam penelitian ini, yang menjadi informan penelitian adalah tujuh keluarga pangulik yang anak-anaknya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dari analisis yang telah dilakukan oleh penulis, ada beberapa strategi yang dilakukan oleh keluarga pangulik ini dalam membiayai pendidikan anaknya ke perguruan tinggi yaitu dengan cara meminjam uang pada urang toke. Waktu pengembalian uang pinjaman ini adalah dengan cara membayar utang dengan memotong upah kerja mangulik. Meminjam pada urang toke ini, waktu pembayarannya tidak ditentukan karena keluarga yang meminjam uang ini tetap bekerja pada urang toke tersebut untuk pekerjaan mangulik selanjutnya. Kemudian dengan cara mencari penghasilan tambahan selain dari pekerjaan mangulik untuk menambah penghasilan keluarga. Seperti, bekerja kesawah orang untuk menanam padi dan menyiangi padi. Dengan cara berjualan kayu yang didapat dari lahan kulit manis tempat mereka bekerja, dapat juga menambah penghasilan keluarga pangulik. Ada juga anak-anak yang melanjutkan pendidikan tinggi ini bekerja sampingan, untuk tambahan biaya pendidikan. Selanjutnya adanya hubungan patron klien, yaitu mendapatkan bantuan dari pihak lain dalam menambah biaya pendidikan, salah satunya adalah bantuan dari keluarga. Adanya bantuan beasiswa dari pihak PEMDA Tanah Datar untuk biaya pendidikan. Agar tetap bisa membiayai pendidikan anak, ibu rumah tangga juga ikut bekerja mangulik untuk menambah penghasilan dan pada hari tidak bekerja mangulik ibu-ibu ini juga bekerja mengasuh bayi atau kesawah orang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:29
Last Modified: 03 Jan 2012 14:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16978

Actions (login required)

View Item View Item