Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN POLA KONSUMSI PANGAN TERHADAP KEJADIAN GAKY PADA ANAK SDN 09 KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI PADANG TAHUN 2011

RIZALIA, HAFNI (2010) HUBUNGAN POLA KONSUMSI PANGAN TERHADAP KEJADIAN GAKY PADA ANAK SDN 09 KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI PADANG TAHUN 2011. Other thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN POLA KONSUMSI PANGAN TERHADAP KEJADIAN GAKY PADA ANAK SDN 09 KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI PADANG TAHUN 2011) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (79Kb) | Preview

Abstract

Berdasarkan survey pemetaan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium Kota Padang untuk tahun 2009, daerah Kecamatan Kuranji prevalensi TGR anak sekolahnya adalah sebanyak 37,5% dimana . Dari study pendahuluan yang dilakukan di Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji peneliti memperoleh gambaran 60 % tentang kebiasaan masyarakat mengkonsumsi makanan jenis goitrogenik yaitu daun singkong, jengkol, petai, terung, serta kurang suka mengkonsumsi ikan tawar basah. Tujuan Penelitian ini hubungan pola konsumsi pangan terhadap kejadian GAKY pada anak SDN 09 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang tahun 2011. Disain penelitian adalah cross-sectional study. Populasi adalah seluruh anak kelas 1, 2, 3, 4 dan 5 SDN 09 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jumlah sampel sebanyak 87 orang, yang diambil secara Simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan Food Frekuensi Quantitatif (FFQ) secara wawancara. Pengolahan data dilakukan secara SPSS dan dianalisis dengan uji Chi-square pada p value < 0,05. Hasil penelitian didapatkan frekuensi konsumsi makanan sumber yodium adalah tinggi (71,3%), frekuensi konsumsi makanan sumber goitrogenik rendah (71,3%), uji kualitas garam cukup (85,1%) dan hasil palpasi gondok dikategorikan normal (78,2%). Dari hasil uji statistik terdapat hubungan bermakna antara konsumsi makanan sumber yodium, konsumsi makanan sumber goitrogeik dengan kejadian Gangguan Akibat Kekurangan Yodium dan tidak terdapat hubungan yang bermakna (p> 0.05) antara uji kualitas garam dengan kejadian Gangguan Akibat Kekurangan Yodium. Disarankan kepada semua pihak terkait agar dapat memantau garam beryodium yang beredar dimasyarakat, penyuluhan tentang makanan sumber beryodium dan makanan sumber goitrogenik serta lakukan kajian yang lebih mendalam tentang hal-hal yang berhubungan dengan GAKY, sasaran yang lebih luas dan sampel yang heterogen didukung dengan pemeriksaan klinis dan laboratorium.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:29
Last Modified: 03 Jan 2012 14:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16981

Actions (login required)

View Item View Item