Repository Universitas Andalas

MOTIF PENGGUNAAN GAME POKER DI SITUS JEJARING SOSIAL Studi Pengguna Game Poker Pada 6 Warnet Di Siteba Kecamatan Nanggalo, Padang

SAWTANG, REALDI (2011) MOTIF PENGGUNAAN GAME POKER DI SITUS JEJARING SOSIAL Studi Pengguna Game Poker Pada 6 Warnet Di Siteba Kecamatan Nanggalo, Padang. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik..

[img]
Preview
PDF (MOTIF PENGGUNAAN GAME POKER DI SITUS JEJARING SOSIAL Studi Pengguna Game Poker Pada 6 Warnet Di Siteba Kecamatan Nanggalo, Padang ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (338Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK REALDI SAWTANG. 05191033. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Sosiologi Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Motif Penggunaan Game Poker Disitus Jejaring Sosial (Kasus: Pengguna Game Poker Disitus Jejaring Sosial Di Siteba). Pembimbing I: Drs. Agus Budiono, M.S. Pembimbing II: Drs. Wahyu Pramono M.Si. Texas holdem poker merupakan sebuah aplikasi yang menyajikan permainan poker secara online. Game poker memungkinkan para penggunanya berinteraksi dengan pengguna lain dari seluruh penjuru dunia, untuk berinteraksi dengan menggunakan chat yang tersedia dalam aplikasi tersebut. Aplikasi texas holdem poker bukan hanya bisa di akses facebook saja, tetapi juga bisa di akses dari beberapa situs jejaring sosial lainnya seperti tagged, bebo, hi5 , myspace, twitter dan yohoo mail. Sebagian besar pengguna game poker berasal dari facebook. Game poker ini menyediakan chip sebagai media untuk alat taruhan sebagai pengganti uang. Chip ini diperoleh secara cuma-cuma sebnyak 5.000 pada saat pengguna mengikuti game ini pertama kali. Setelah itu pengguna akan memperoleh chip 2000 setiap hari dengan syarat selalu membuka aplikasi poker ini. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, digunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Pemilihan informan dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Kriteria informan adalah mereka yang tergolong sebagai pecandu game poker di situs jejaring sosial, Data yang didapat dianalisa dengan teknik triangulasi, penelitian ini bertempat di kota Padang. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pecandu game poker tidak hanya berasal dari satu status sosial saja, seperti pelajar, mahasiswa, pegawai dan orang yang telah berkeluarga. Biaya yang dikeluarkan oleh pecandu game poker dalam satu kali main kewarnet adalah berkisaran Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per hari. Sedangkan uang yang digunakan untuk membeli chip paling minimal adalah Rp.20.000 maksimal Rp 50.000 bagi kalangan mahasiswa sedangkan bagi pecandu yang sudah bekerja dan mempunyai penghasilan sendiri melebihi dari Rp 100.000,- untuk sekali pembelian chip. Selain itu game poker juga bias menghasilkan uang bagi pemain dengan menjual chip tersebut ke pemain lain, dengan harga berkisaran Rp 7.000/M. Motif penggunaan game poker bagi para pecandu game poker di situs jejaring sosial yang tegolong menjadi 2 macam yaitu sebagai because motif yaitu because motif adalah variasi baru dalam judi, kebutuhan psikologis dan hura-hura bersama teman. Sedangkan yang tergolong kedalam in order motif adalah motif sebagai mata pencaharian tambahan, menaikan popularitas dalam komunitas dan game poker sebagai pengisi waktu luang dalam menghilangkan kebosanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:29
Last Modified: 03 Jan 2012 14:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16985

Actions (login required)

View Item View Item