Repository Universitas Andalas

ANALISIS KINERJA KOPERASI UNIT DESA (KUD) SETIA NAGARI SELAYO KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK

KARNI , WIDYA (2011) ANALISIS KINERJA KOPERASI UNIT DESA (KUD) SETIA NAGARI SELAYO KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK. Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KINERJA KOPERASI UNIT DESA (KUD) SETIA NAGARI SELAYO KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian telah dilaksanakan pada bulan April - Mei 2011 di Koperasi Unit Desa (KUD) Setia yang beralamat di Desa Sawah Sudut, Nagari Selayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Tujuan penelitian adalah mengukur kinerja KUD Setia dan mengukur kepuasan anggota KUD Setia. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Analisa data yang digunakan untuk mengukur kinerja KUD Setia adalah analisa kuantitatif dan untuk mengukur kepuasan anggotanya digunakan analisa deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata nilai pengukuran kinerja KUD Setia berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia (Per.Men.No.06/M.KUKM/V/2006) terhadap aspek organisasi, aspek tatalaksana dan manajemen, aspek produktivitas dan aspek manfaat dan dampak diperoleh nilai rata-rata kinerja KUD Setia sebesar 67,08 dengan kriteria cukup baik. Berdasarkan pengukuran Tingkat Kepuasan Anggota KUD Setia terhadap administrasi koperasi, budaya kerja pengurus, keuangan koperasi, usaha RMU, usaha simpan pinjam dan usaha penagihan rekening listrik dan PDAM, diperoleh nilai rata-rata kepuasan anggota sebesar 76,55 persen dengan kriteria baik. Guna meningkatkan kinerja pada masa akan datang, KUD Setia diharapkan melakukan kegiatan pendidikan perkoperasian pada pengelola dan anggota koperasi. Selain itu, perlu menyusun Rencana Kerja (RK) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) Koperasi dengan melibatkan anggota, sehingga sesuai dengan kebutuhan anggota demi kemajuan KUD Setia pada masa mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:29
Last Modified: 03 Jan 2012 14:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16990

Actions (login required)

View Item View Item