Repository Universitas Andalas

STUDI PERENCANAAN REKONFIGURASI JARINGAN DISTRIBUSI 20KV RAYON BELANTI KOTA PADANG BERBASIS PETA RAWAN TSUNAMI MEMPERHITUNGKAN ALIRAN DAYA (LOAD FLOW)

SAPUTRA, IVO (2011) STUDI PERENCANAAN REKONFIGURASI JARINGAN DISTRIBUSI 20KV RAYON BELANTI KOTA PADANG BERBASIS PETA RAWAN TSUNAMI MEMPERHITUNGKAN ALIRAN DAYA (LOAD FLOW). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI PERENCANAAN REKONFIGURASI JARINGAN DISTRIBUSI 20KV RAYON BELANTI KOTA PADANG BERBASIS PETA RAWAN TSUNAMI MEMPERHITUNGKAN ALIRAN DAYA (LOAD FLOW)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (156Kb) | Preview

Abstract

Kota Padang Propinsi Sumatera Barat merupakan kota yang rawan akan bencana tsunami. Peta rawan tsunami yang telah dirancang oleh para ahli dapat dijadikan referensi dalam merancang suatu rekonfigurasi jaringan distribusi kota Padang yang dapat dilakukan pemulihan secara cepat pasca bencana tsunami. Dengan melakukan perhitungan aliran daya (loadflow) pada jaringan yang sudah ada (exist), jaringan yang masih aktif setelah terjadi tsunami, dan jaringan yang telah direkonfigurasi dapat dianalisa apakah sistem sudah layak untuk dioperasikan dilihat dari besar arus dan tegangan sistem. Pada Tugas Akhir ini diasumsikan jaringan yang terganggu akibat tsunami adalah jaringan yang berada di zona bahaya I tsunami saja dan jaringan yang berada di zona inundasi tsunami saja. Loadflow dilakukan untuk kedua asumsi diatas pada setiap kondisi jaringan. Setelah dilakukan rekonfigurasi maka besar penurunan penyaluran daya ke beban dapat ditekan yang awalnya 23,89% menjadi 22,54% (asumsi zona bahaya I tsunami terganggu) dan yang pada awalnya 55,85% menjadi 53,54%. (asumsi zona inundasi tsunami terganggu).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:31
Last Modified: 03 Jan 2012 14:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16994

Actions (login required)

View Item View Item