Repository Universitas Andalas

ALOKASI WAKTU PEREMPUAN DALAM AKTIVITAS INDUSTRI KACANG RENDANG (Studi Kasus : Pekerja Perempuan di Nagari Sawah Tangah Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar)

LEOVANDRITOS, RINO (2010) ALOKASI WAKTU PEREMPUAN DALAM AKTIVITAS INDUSTRI KACANG RENDANG (Studi Kasus : Pekerja Perempuan di Nagari Sawah Tangah Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (ALOKASI WAKTU PEREMPUAN DALAM AKTIVITAS INDUSTRI KACANG RENDANG (Studi Kasus : Pekerja Perempuan di Nagari Sawah Tangah Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (80Kb) | Preview

Abstract

Selama ini perempuan hanya dianggap sebagai orang rumahan atau ibu rumah tangga sehingga tidak mampu memberikan kontribusi dalam keluarganya, sehingga tuntutan ekonomi yang terus meningkat tidak terimbangi oleh nafkah yang diberikan oleh suami. Hal demikian menuntut para perempuan untuk berperan serta dalam bekerja mengalokasikan waktunya demi membantu suami. Hal tersebut menjadikan perempuan memiliki fungsi ganda yaitu sebagai ibu rumah tangga dan pencari nafkah. Seperti yang terdapat di nagari Sawah Tangah, salah satunya yang terdapat pada industri kacang rendang, dalam beraktivitas mereka mengalokasikan waktunya tidak hanya di tinjau dari salah satu sektor saja seperti bekerja untuk mendapatkan nafkah, akan tetapi waktu yang di curahkan juga untuk melakukan produktifitas dalam pekerjaan rumah tangga. Pada dasarnya upah yang mereka terima tidak sesuai dengan waktu dan pekerjaan yang mereka lakukan namun pekerjaan tersebut adalah alternatif terbaik yang dapat dilakukan karena selain tidak mengikat juga dapat menjalankan fungsi ganda perempuan selain sebagai ibu rumah tangga juga sebagai pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan peranan perempuan dalam keluarga dan industri kacang rendang serta bidang – bidang yang mereka kerjakan; (2) Mendiskripsikan alokasi waktu perempuan dalam aktivitas industri kacang rendang.Untuk tercapainya tujuan penelitian diatas maka digunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan data sekunder. Observasi dimaksudkan untuk mengidentifikasi industri kacang rendang yang ada di Nagari Sawah Tangah, wawancara dilakukan pada perempuan yang bekerja pada industri kacang rendang dan pemuka masyarakat.Selain itu data tersebut diperkuat dengan studi kepustakaan dan data dari instansi yang terkait. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pekerja perempuan pada industri kacang rendang di Nagari Sawah Tangah, di lihat dari faktor umur tergolong dalam usia produktif, berpendidikan rendah, memilih pekerjaan karena desakan ekonomi, membantu suami mencari nafkah untuk tambahan penghasilan dan memenuhi kebutuhan hidup. Peran ganda yang dilakukan perempuan ternyata mempengaruhi pola hidup, yang seharusnya difokuskan pada keluarga menjadi berkurang akibat tuntutan pekerjaan. Upah yang diterima sebenarnya tidak sesuai dengan waktu yang dikorbankan namun pekerjaan ini tidak terlalu sulit, hanya mengandalkan keterampilan serta tidak mengikat. Dengan adanya pekerjaan tersebut, para perempuan di Nagari Sawah Tangah dapat membantu suami dalam mencari nafkah tanpa meninggalkan perannya dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:31
Last Modified: 03 Jan 2012 14:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/16997

Actions (login required)

View Item View Item