Repository Universitas Andalas

ANALISA USAHA DAN BAURAN PEMASARAN PADA USAHA KECIL AMERICAN BAKERY DI KOTA PADANG

KASMINATA, VIKY (2010) ANALISA USAHA DAN BAURAN PEMASARAN PADA USAHA KECIL AMERICAN BAKERY DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (ANALISA USAHA DAN BAURAN PEMASARAN PADA USAHA KECIL AMERICAN BAKERY DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2010 sampai Januari 2011. Tujuan penelitian (1) Menganalisis besarnya keuntungan dan titik impas pada usaha roti tawar American Bakery, (2) Menganalisis bauran pemasaran American Bakery yang meliputi produk, harga, promosi, dan distribusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana pihak American Bakery dijadikan sebagai sumber data primer. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Perusahaan dan Perdagangan Pertambangan dan Energi Kota Padang, dan Badan Pusat Statistik. Analisa kuantitatif digunakan menganalisa keuntungan dan titik impas, sedangkan analisa kualitatif digunakan untuk menganalisa bauran pemasaran. Produk yang dihasilkan oleh Usaha American Bakery adalah roti tawar yang termasuk kedalam produk konsumsi, terdapat tiga pembagian produk, yaitu roti tawar balok, roti tawar setengah dan roti tawar kupas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode Desember 2009 – November 2010 keuntungan usaha American Bakery ini sebesar Rp 301.667.790,- dan total penjualan sebesar Rp 2.254.609.600,-. Usaha American Bakery sudah berproduksi diatas titik impas dengan impas penjualan untuk roti tawar balok Rp 348.126.990,-, roti tawar setengah Rp 170.072.030,-, dan roti tawar kupas Rp 74.343.130,- dan impas kuantitas untuk roti tawar balok 44.634 bungkus, roti tawar setengah 24.998 bungkus dan roti tawar kupas 10.934 bungkus. Harga ditetapkan dengan mengkombinasikan antara metode Cost Plus Pricing dan Going Rate Pracing. Distribusi yang digunakan adalah distribusi tidak langsung, promosi digunakan adalah promosi dari mulut kemulut (personal selling). Sehubungan dengan penelitian ini disarankan kepada pihak usaha American Bakery untuk menggunakan pencatatan laba rugi dengan menggunakan analisa laba rugi, meningkatkan kualitas rasa dan aroma roti tawar, menggunakan packing atau kemasan yang lebih bagus dan menarik, dan melakukan diversifikasi produk seperti roti tawar dengan aroma pandan dan dan roti manis untuk menambah pendapatan bagi usaha American Bakery.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 28 Dec 2011 15:23
Last Modified: 28 Dec 2011 15:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17004

Actions (login required)

View Item View Item