Repository Universitas Andalas

MASALAH PERLAKUAN AS TERHADAP TAWANAN DI TELUK GUANTANAMO DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL

TURIDO, ANNISA (2010) MASALAH PERLAKUAN AS TERHADAP TAWANAN DI TELUK GUANTANAMO DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (MASALAH PERLAKUAN AS TERHADAP TAWANAN DI TELUK GUANTANAMO DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183Kb) | Preview

Abstract

Penjara Guantanamo adalah kompleks penjara militer di bawah Joint Task Force Guantanamo (JTF-GTMO) dan menempati sebagian dari pangkalan angkatan laut Amerika Serikat. AS menangkap orang – orang yang dianggapnya telah ikut serta atau membantu penyerangan 9/11 2001, dan memenjarakan mereka di penjara Guantanamo tanpa ada proses pengadilan dan tidak memberikan status tawanan perang. Status Tawanan perang diatur dalam Pasal 4 Konvensi Jenewa III Tahun 1949, perlakuan terhadap Tawanan Perang di Guantanamo sangatlah memprihatinkan semua perlakua AS terhadap tawanan Perang di Guantanamo tidak sesuai dengan Pasal 3 Konvensi Jenewa III tahun 1949,. Guantanamo juga menyimpan cerita tentang penistaan dan penyiksaan terhadap tawanan yang terburuk yang pernah dilakukan Amerika Serika Selain itu banyak terjadi pelanggaran hukum yang dilakukan AS terhadap Tahanan di Guantanamo proses intogasinya yang menggunakan metode Coercive Inttrogation yaitu tindakan tekanan atau paksaan kepada seseorang untuk mendapatkan keterangan - keterangan atau pernyataan tindakan kejahatan yang telah dilakukanya, metode ini sangat bertentangan dengan Konvensi Jenewa III Tentang Tawanan Perang dan juga pelanggaran HAM berat karna bertentangan dengan Konvensi Anti Penyiksaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:31
Last Modified: 03 Jan 2012 14:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17027

Actions (login required)

View Item View Item