Repository Universitas Andalas

INFESTASI PARASIT CACING NEOASCARIS VITULORUM PADA TERNAK SAPI PESISIR DI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG

HARMINDA, DEARI HATA (2010) INFESTASI PARASIT CACING NEOASCARIS VITULORUM PADA TERNAK SAPI PESISIR DI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (INFESTASI PARASIT CACING NEOASCARIS VITULORUM PADA TERNAK SAPI PESISIR DI KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (132Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai prevalensi parasit dan tingkat keparahan infestasi parasit Cacing Neoascaris vitulorum pada sapi Pesisir umur 2 tahun di Kecamatan Lubuk Kilangan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan data dianalisis secara deskriptif. Sampel feses berasal dari 98 orang peternak sapi, masing – masing diambil sebanyak 3 gram per ekor sapi dari jumlah 397 orang peternak sapi. Pengambilan sampel feses segar dilakukan secara langsung di kandang dan di lapangan, feses dimasukkan ke dalam kantong plastik yang steril, bersih dan tertutup rapat, diberi label serta dimasukan ke dalam termos yang telah berisi es dan kemudian dibawa menuju laboratorium untuk diperiksa. Pemeriksaan feses menggunakan 3 metode yaitu uji natif, uji apung, uji sedimentasi dan jumlah telur cacing dihitung melalui Total Telur per Gram Tinja (TTGT) dengan menggunakan kamar hitung Withlock. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 147 sampel feses sapi di Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, dimana 141 ekor sapi Pesisir positif terinfestasi parasit Cacing Neoascaris vitulorum dengan tingkat prevalensi parasit sebesar 96 % dan tingkat keparahan infestasi dikategorikan infestasi ringan yaitu jumlah telur cacing < 499 butir telur per gram feses sapi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 30 Dec 2011 13:57
Last Modified: 30 Dec 2011 13:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item View Item