Repository Universitas Andalas

EVALUASI PENGGUNAAN AIR IRIGASI YANG MENGANDUNG LOGAM BERAT TIMBAL (PB) PADA AMBANG BATAS KUALITAS AIR PERTANIAN TERHADAP KADAR TIMBAL PADA TANAMAN BAYAM (Amaranthus sp)

YUNITA, NOLA (2011) EVALUASI PENGGUNAAN AIR IRIGASI YANG MENGANDUNG LOGAM BERAT TIMBAL (PB) PADA AMBANG BATAS KUALITAS AIR PERTANIAN TERHADAP KADAR TIMBAL PADA TANAMAN BAYAM (Amaranthus sp). Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (EVALUASI PENGGUNAAN AIR IRIGASI YANG MENGANDUNG LOGAM BERAT TIMBAL (PB) PADA AMBANG BATAS KUALITAS AIR PERTANIAN TERHADAP KADAR TIMBAL PADA TANAMAN BAYAM (Amaranthus sp)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (65Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Penggunaan Air Irigasi yang Mengandung Logam Berat Timbal (Pb) pada Ambang Batas Kualitas Air Pertanian terhadap Kadar Timbal pada Tanaman Bayam (Amaranthus sp)” dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2011 di Universitas Andalas, Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kadar logam berat timbal (Pb) yang diserap oleh tanaman bayam (Amaranthus sp) setelah dilakukan penyiraman dengan sumber air yang mengandung logam berat pada kadar ambang batas baku mutu air yang diperbolehkan untuk kegiatan pertanian. Penelitian ini terbagi atas 3 (tiga) tahapan yaitu : (1) Persiapan, (2) Pelaksanaan, terdiri dari dari kegiatan (i) Pembibitan Tanaman Bayam (Amaranthus sp), (ii) Persiapan sumber air yang mengandung logam berat timbal (Pb), dan (iii) Penyiraman dengan menggunakan sumber air yang mengandung logam berat timbal (Pb), dan (3) Pengukuran Jumlah Kadar Logam Berat Timbal (Pb) yang Diserap oleh Tanaman Bayam (Amaranthus sp). Volume air yang disiram ke tanaman bayam (Amaranthus sp) tergantung pada fase pertumbuhan tanaman bayam, yaitu fase awal, tengah dan akhir. Konsentarsi logam berat yang digunakan yaitu sebesar 1 ppm. Pengukuran kandungan logam berat timbal (pb) yang diserap oleh tanaman bayam (Amaranthus sp) dilakukan pada saat tanaman bayam berumur 30 hari dan 40 hari. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bayam (Amaranthus sp) yang disiram dengan air irigasi yang memiliki kandungan logam berat timbal (Pb) pada ambang batas untuk pertanian masih aman untuk dikonsumsi tanpa pengaruh terhadap kesehatan manusia. Kata Kunci : Bayam, Logam Berat Timbal (Pb)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 30 Dec 2011 13:56
Last Modified: 30 Dec 2011 13:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17058

Actions (login required)

View Item View Item