Repository Universitas Andalas

ANALISA USAHA PETERNAKAN KAMBING DI KENAGARIAN SAOK LAWEH KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK

AMEL, PRILLA (2010) ANALISA USAHA PETERNAKAN KAMBING DI KENAGARIAN SAOK LAWEH KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (ANALISA USAHA PETERNAKAN KAMBING DI KENAGARIAN SAOK LAWEH KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (75Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kenagarian Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok tanggal 21 Juli sampai 4 November 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aspek teknis usaha ternak kambing (2) Aspek ekonomi usaha ternak kambing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, yaitu pengamatan langsung ke lapangan. Metode pengambilan sampel adalah metode sensus dengan jumlah peternak 23 RTP (Rumah Tangga Pemelihara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : jenis bibit yang digunakan adalah kambing kacang dengan performans reproduksi ; umur dewasa kelamin ternak kambing peternak berumur 6 bulan, umur melahirkan pertama ternak kambing peternak umur 10-12 bulan, lama kebuntingan rata-rata 5,5 – 6 bulan, interval kelahiran rata-rata 7-8 bulan. Pakan yang diberikan rumput lapangan, Sistem pemeliharaan yang digunakan adalah semiintensif yakni dengan digembalakan di siang hari dan dikandangkan di malam hari. 73,91% peternak memiliki kandang panggung dan 26,09% kandang berlantaikan tanah. Ditemukan 13,04% ternak yang terserang penyakit yakni berupa penyakit kudis. Dalam hal pemasaran, peternak memasarkan ternaknya dengan cara pembeli datang langsung ke peternak/lokasi kandang. Aspek ekonomi usaha peternakan kambing di Nagari Saok Laweh diantaranya : rata-rata biaya produksi uang dikeluarkan peternak Rp 3.027.679/peternak/tahun, dengan rata-rata penerimaan yang diperoleh peternak Rp 4.599.694/peternak/tahun dengan total pendapatan peternak rata-rata Rp 1.532.015/peternak/tahun, sedangkan R/C Ratio peternakan kambing adalah 1,5 berarti usaha peternakan kambing ini menguntungkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 30 Dec 2011 13:57
Last Modified: 30 Dec 2011 13:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item