Repository Universitas Andalas

STRATEGI OPTIMALISASI ASET DAERAH DI SEKTOR PARIWISATA KABUPATEN KERINCI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD)

DEVINAWATI, LORA (2011) STRATEGI OPTIMALISASI ASET DAERAH DI SEKTOR PARIWISATA KABUPATEN KERINCI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (STRATEGI OPTIMALISASI ASET DAERAH DI SEKTOR PARIWISATA KABUPATEN KERINCI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (73Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Kerinci dalam mengoptimalkan sektor pariwisata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini dilatar belakangi beberapa hal yaitu Kabupaten Kerinci yang Mempunyai aset yang banyak khususnya dibidang pariwisata hal tersebut terbukti bahwa 70% objek wisata di Provinsi Jambi terdapat di Kabupaten Kerinci, untuk itu pemerintah Kabupaten Kerinci mengoptimalkan aset daerah disektor pariwisata dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Sementara teknik keabsahan data yang digunakan peneliti menggunakan trianggulasi sumber data. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengacu pada konsep Mardiasmo yaitu strategi optimalisasi pengelolaan kekayaan (aset) daerah. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menarik kesimpulan bahwa pemerintah Kabupaten Kerinci dalam mengoptimalkan pariwisata untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) telah berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan pariwisata dengan mengidentifikasi dan inventarisasi nilai dan potensi aset. Ada 91 potensi aset yang telah diidentifikasi dan hanya 6 aset yang sudah dikembangkan. Dalam pengembangan pariwisata Kabupaten Kerinci belum bisa memberi sumbangan yang optimal terhadap PAD karena pariwisata belum bisa menjadi sumber terbesar terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Meskipun pemerintah juga mempromosikan objek wisata yang ada dengan mengadakan Festival Danau Kerinci yang telah menjadi event nasional. Pemerintah Kabupaten Kerinci juga telah berusaha bekerja sama dengan pihak ketiga seperti dengan PHRI, mengadakan pelatihan dan pendidikan untuk mengembangkan sumber daya manusia. Tapi dalam hal pengembangannya masih kurangnya sistem informasi tentang pariwisata, minimnya pengawasan yang dilakukan pemerintah dan sumber daya manusia yang belum memadai. Sehingga peningkatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata masih belum optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:30
Last Modified: 03 Jan 2012 14:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17109

Actions (login required)

View Item View Item