Repository Universitas Andalas

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN INCUMBENT DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN MERANGIN TAHUN 2008

SUGARA, AAN (2011) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN INCUMBENT DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN MERANGIN TAHUN 2008. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN INCUMBENT DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN MERANGIN TAHUN 2008) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (116Kb) | Preview

Abstract

Pemilukada Kabupaten Merangin tahun 2008 merupakan Pemilukada Pertama kali pada masa otonomi daerah di terapkan. Penelitian ini mengkaji persepsi masyarakat Kabupaten Merangin terhadap kepemimpinan incumbent. Penelitian ini menggunakan pendekatan pilihan rasional dalam teori perilaku memilih (voting behavior) dengan menggunakan variabel penilaian masyarakat terhadap pemerintahan sebelumnya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan desain Cross-Sectional. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan teknik wawancara langsung terhadap responden (face to face interview). Responden dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Unit analisis data adalah individu dengan tingkat analisis mikro. Selanjutnya dalam analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis tabel frekuensi. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa mayoritas masyarakat memberikan penilaian yang baik terhadap pembangunan pada masa kepemimpinan incumbent. Dalam bidang pendidikan, masyarakat memberikan penilaian yang kurang memuaskan. Kemudian masyarakat memberikan penilaian yang tidak baik terhadap keadaan ekonomi Kabupaten Merangin secara umum pada masa kepemmpinan incumbent. Begitu juga dalam bidang kesehatan, persepsi masyarakat kurang memuaskan terhadap kepemimpinan incumbent dalam bidang kesehatan. Sedangkan dalam bidang pelayanan publik, mayoritas masyarakat memberikan persepsi atau penilian yang baik terhadap pelayanan publik pada masa kepemimpinan incumbent.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:30
Last Modified: 03 Jan 2012 14:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17112

Actions (login required)

View Item View Item