JUWITA, MARSISKA (2011) THE KABUL BEAUTY SCHOOL: DEBORAH RODRIGUEZ’S ORIENTALIST VIEW ABOUT AFGHANISTAN. Other thesis, Fakultas Ilmu Budaya.
|
PDF (THE KABUL BEAUTY SCHOOL: DEBORAH RODRIGUEZ’S ORIENTALIST VIEW ABOUT AFGHANISTAN)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (51Kb) | Preview |
Abstract
Skripsi ini menganalisis pandangan penulis Deborah Rodriguez terhadap Afghanistan dalam karyanya The Kabul Beauty School. Buku ini merupakan sebuah memoar atau autobiografi yang menceritakan tentang pengalaman pribadi Rodriguez ketika berada di Afghanistan. Dalam menganalisis memoar ini, penulis menggunakan pendekatan ekspresif oleh M. H Abrams, teori ini berkaitan dengan apa yang dirasakan, dipikirkan oleh penulis, dan tentang hasil ciptaannya. Data diperoleh langsung dari memoar itu sendiri, buku-buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan teori yang akan digunakan. Dalam hal ini penulis mengaplikasikan teori Orientalisme oleh Edward Said, dengan konsep analisis berkaitan dengan strategi dari penjajah (Barat) untuk mendominasi daerah jajahannya (Timur). Setelah menganalisis memoar ini, penulis melihat Rodriguez terlalu berlebihan menilai negatif Afghanistan. Afghanistan digambarkan sebagai negara yang tidak bagus, berbahaya, tidak sehat dan lain-lain. Selain itu, di dalam memoar ini sangat jelas terlihat ketidakberdayaan wanita-wanita Afghan dalam memperoleh kebebasan dalam berkarya, memperoleh pendidikan, pernikahan yang bahagia dan hal-hal lain yang dapat merugikan perempuan saat Taliban berkuasa. Penulis menyimpulkan bahwa pandangan Rodriguez terhadap Afghanistan adalah bentuk ideologi Orientalisme barat terhadap negara dan orang timur.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 03 Jan 2012 14:29 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 14:29 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17130 |
Actions (login required)
View Item |