Repository Universitas Andalas

KAJIAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS AANWIJZING ELEKTONIK PADA PENGADAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI DARI SEGI PENYEDIA JASA

SUWARDI, SUWARDI (2011) KAJIAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS AANWIJZING ELEKTONIK PADA PENGADAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI DARI SEGI PENYEDIA JASA. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (KAJIAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS AANWIJZING ELEKTONIK PADA PENGADAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI DARI SEGI PENYEDIA JASA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125Kb) | Preview

Abstract

Aanwijzing merupakan media tanya jawab dan siskusi antara penyedia jasa dengan panita atau aanwijzer. Pada pelelangan konvensional, aanwijzing dilakukan dengan cara mempertemukan langsung antara penyedia jasa dan aanwijzer. Sedangkan pada pelelangan secara elektonik (e-Procurement), aanwijzing dilakukan secara online. Penelitian ini mengkaji tentang efisiensi dan efektifitas pelaksanaan aanwijzing online yang telah dilaksanakan oleh penyedia jasa pada pelelangan elektronik yang diadakan oleh LPSE. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada beberapa penyedia jasa konstruksi yang sudah pernah mengikuti pelelangan secara elektronik yang diadakan oleh LPSE, baik itu LPSE provinsi, kota, kabupaten maupun instansi yang ada di Sumatera Barat. Dari kuisioner yang disebarkan, diperoleh data tentang lamanya waktu dan biaya yang dihabiskan penyedia jasa dalam mengikuti aanwijzing konvensional dan aanwijzing online, serta pendapat penyedia jasa tentang efektifitas komunikasi pada aanwijzing online. Dari data yang berhasil dikumpulkan diperoleh kesimpulan bahwa biaya yang dikeluarkan penyedia jasa dalam mengikuti aanwijzing online lebih efisien bila dibandingkan dengan aanwijzing konvensional, karena pada pelaksanaan aanwijzing konvensional penyedia jasa harus mengeluarkan biaya transportasi dan biaya konsumsi sedangkan pada aanwijzing online penyedia jasa hanya mengeluarkan biaya akses internet. Waktu yang dihabiskan penyedia jasa untuk mengikuti aanwijzing online lebih efisien bila dibandingkan dengan aanwijzing konvensional. Akan tetapi, waktu yang disediakan panitia pada aanwijzing online kurang efektif. Komunikasi pada aanwijzing konvensional lebih efektif bila dibandingkan dengan komunikasi pada aanwijzing online. Efektifitas komunikasi pada aanwijzing online dipengaruhi oleh besar kecilnya paket pekerjaan. Untuk paket pekerjaan yang kecil komunikasi pada aanwijzing online efektif sedangkan pada proyek besar aanwijzing online kurang efektif.Untuk proyek yang terletak di daerah yang silit dijangkau, komunikasi pada aanwijzing online kurang efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jan 2012 14:29
Last Modified: 03 Jan 2012 14:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item