Repository Universitas Andalas

PEMANFAATAN TEPUNG UMBI GARUT (Maranta arundinaceae L.) DALAM PEMBUATAN BUBUR INSTAN DENGAN PENCAMPURAN TEPUNG TEMPE

YULANDA, DIKA (2011) PEMANFAATAN TEPUNG UMBI GARUT (Maranta arundinaceae L.) DALAM PEMBUATAN BUBUR INSTAN DENGAN PENCAMPURAN TEPUNG TEMPE. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PEMANFAATAN TEPUNG UMBI GARUT (Maranta arundinaceae L.) DALAM PEMBUATAN BUBUR INSTAN DENGAN PENCAMPURAN TEPUNG TEMPE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (69Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang “Pemanfaatan Tepung Umbi Garut (Maranta arundinaceae, L) Dalam Pembuatan Bubur Instan Dengan Pencampuran Tepung Tempe” telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas Padang. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juli sampai September 2011. Tujuan Penelitian ini untuk mendapatkan formula bubur instan berbahan baku umbi garut dan tempe yang diterima secara organoleptik dan dapat memenuhi kecukupan protein setara beras. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 Perlakuan dan 3 Ulangan. Data pengamatan analisa uji F pada taraf nyata 5 % dan jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Tukey HSD pada taraf nyata 5 %. Perlakuan pada penelitian ini adalah formulasi yang terdiri dari tepung umbi garut (TG) + tepung tempe (TT) sebagai berikut : A= 70 gram + 30 gram, B= 65 gram + 35 gram, C= 60 gram + 40 gram, D= 55 gram + 45 gram, E= 50 gram + 50 gram. Pengamatan dilakukan terhadap bahan baku bubur instan (tepung umbi garut dan tepung tempe) dan formula (tepung bubur instan) yang dihasilkan meliputi kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar protein, kadar serat kasar, kadar karbohidrat, energi total dan kadar amilosa. Kemudian dilakukan pengujian terhadap karakteristik organoleptik, selanjutnya dilakukan pengamatan secara fisik dengan mengamati daya serap air, lamanya proses pengentalan bubur dan viskositas bubur instan yang dihasilkan. Pencampuran tepung umbi garut dan tepung tempe memberikan pengaruh terhadap kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar protein, kasar serat kasar, kadar karbohidrat, energi total, kadar amilosa, nilai rasa, nilai aroma, nilai warna dan nilai tekstur. Dari hasil penelitian ditetapkan produk E (TG 50 gram + TT 50 gram) sebagai formula terbaik, dengan kadar air 7,98%, kadar abu 3,94%, kadar lemak 11,16%, kadar protein 28,45%, kadar serat kasar 2,42%, kadar karbohidrat 48,49 %, energi total 445,64 kkal, kadar amilosa 7,36 %, daya serap air 402 % dengan air terserap sebanyak 20,10 ml, lama waktu pengentalan 12,40 detik, viskositas 46 dpa. s, penerimaan terhadap rasa 3,00 (agak suka), aroma 3,10 (agak suka), warna 3,00 (agak suka) dan tekstur 3,40 (agak suka).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 May 2012 03:30
Last Modified: 28 May 2012 03:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17139

Actions (login required)

View Item View Item