Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PEMBERIAN INSENTIF DAN PEMBERIAN KEMUDAHAN TERHADAP PENANAMAN MODAL DALAM PENANAMAN MODAL DI KOTA PADANG

PRAJA, RIAN ANATA (2011) PELAKSANAAN PEMBERIAN INSENTIF DAN PEMBERIAN KEMUDAHAN TERHADAP PENANAMAN MODAL DALAM PENANAMAN MODAL DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PEMBERIAN INSENTIF DAN PEMBERIAN KEMUDAHAN TERHADAP PENANAMAN MODAL DALAM PENANAMAN MODAL DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105Kb) | Preview

Abstract

Kegiatan penanaman modal telah menjadi bagian dari penyelenggaraan perekonomian nasional dan ditempatkan sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan perekonomian nasional serta perekonomian daerah. Untuk mempercepat proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi melalui penanaman modal tersebut, pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk menarik investor domestik maupun asing yang akan menanamkan modalnya di Indonesia, dengan membuat kebijakan melalui pemberian fasilitas dan kemudahan bagi penanaman modal. Fasilitas tersebut berupa pemberian insentif dan kemudahan-kemudahan bagi investor dalam menanamkan modalnya. sebagaimana yang telah diatur oleh Undang -Undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal. Pemberiann insentif dan kemudahan tersebut tidak saja oleh pemerintah pusat namun juga di lakukan oleh pemerintah daerah hal ini berdasarkan pasal 167 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 dan PP No. 45 Tahun 2008 Maka dari itu penulis akan meneliti pemberian insentif dan kemudahan yang diatur oleh Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2009, untuk mengetahui lebih lanjut tentang perda ini maka penulis akan mengambil perumusan masalah sebagai berikut: Apa saja bentuk dan kriteria fasilitas penanaman modal yang dapat diperoleh oleh penanam modal di Kota Padang dan Bagaimana pemberian fasilitas penanaman modal di Kota Padang serta kelemahan - kelemahan dalam Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal di Kota Padang. Untuk menjawab permasalahan tersebut dalam penelitian ini digunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemberian insentif dan pemberian kemudahan penanaman modal di kota padang masih belum maksimal, hal ini terbukti dengan perkembangan jumlah penanaman modal di Kota Padang dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2011, dimana dari beberapa perencanaan penanaman modal di Kota Padang hanya sedikit yang dapat direalisasikan, sementara Kota Padang memiliki potensi dan peluang investasi yang baik untuk dikelola. Faktor lainnya adalah masih lemahnya peraturan hukum untuk menjamin kepastian hak investor dan masih lemahnya peranan pemerintah dalam pemberian pelayanan dalam hal perizinan dan non perizinan serta pemberian informasi potensi dan peluang penanaman modal di Kota Padang. Hal ini menjadi salah satu penyebab kurangnya minat investor untuk menanamkan modalnya di Kota Padang. Penelitian ini menyarankan pemerintah harus melakukan peningkatan dan  reformasi di bidang investasi untuk terciptanya iklim investasi yang kondusif dan berdaya saing dan tercapainya pembangunan ekonomi di daerah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 15 Aug 2012 03:28
Last Modified: 15 Aug 2012 03:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17165

Actions (login required)

View Item View Item