Repository Universitas Andalas

THE TYPES OF ILLOCUTIONARY AND PERLOCUTIONARY ACTS AS FOUND IN AN AMERICAN MOVIE ENTITLED GROWN UPS

KUMALASARI, FITRI (2011) THE TYPES OF ILLOCUTIONARY AND PERLOCUTIONARY ACTS AS FOUND IN AN AMERICAN MOVIE ENTITLED GROWN UPS. Other thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF (THE TYPES OF ILLOCUTIONARY AND PERLOCUTIONARY ACTS AS FOUND IN AN AMERICAN MOVIE ENTITLED GROWN UPS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (60Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang jenis-jenis tindak ujaran ilokusi (IllocutionaryActs) dan tindak perlokusi (Perlocutionary Acts) dalam bentuk ujaran, waktu tempat dan situasi tertentu. Studi ini bertujuan untuk menguraikan jenis-jenis tindak lokusi dan tindak perlokusi yang terdapat dalam ujaran yang dihasilkan oleh partisipan dalam sebuah film. Data diambil dari sebuah film yang berjudul Grown Ups yang diluncurkan pada tahun 2010. Data berasal dari ujaran-ujaran pemeran utama yang memiliki tindak ujaran lokusi yang kemudian memberikan pengaruh terhadap pendengarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mencatat dan membuat transkrip dari setiap ujaran dalam bentuk dialog. Data dianalisis menggunakan metode padan pragmatik. Adapun teori yang digunakan adalah teori tindak ilokusi (IllocutionaryActs) dan tindak perlokusi (Perlocutionary Acts) yang termasuk kedalam teori tindak tutur (Speech acts). Data yang dipilih sejumlah 24 (duapuluh empat) buah dengan pembagian berdasarkan jenis-jenis ilokusi dan jenis-jenis perlokusi. Dari 24 (duapuluh empat) ujaran yang dianalisa, ditemukan hanya empat jenis tipe tindak ilokusi yang ditemukan yaitu directive 11 (sebelas) kali, assertive 7 (tujuh) kali, expressive 4 (empat) kali, dan commisive 2 (dua) kali, sedangkan untuk tindak perlokusi ditemukan verbal perlocutionary acts 20 (duapuluh) kali, non verbal perlocutionary acts 4(empat) kali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 15 Aug 2012 03:28
Last Modified: 15 Aug 2012 03:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17168

Actions (login required)

View Item View Item