Repository Universitas Andalas

HYBRIDITY IN TARZAN’S CHARACTER AS FOUND IN EDGAR RICE BURROUGHS’ TARZAN OF THE APES: A POSTCOLONIAL STUDY

MUTIA, ANDRIANI (2010) HYBRIDITY IN TARZAN’S CHARACTER AS FOUND IN EDGAR RICE BURROUGHS’ TARZAN OF THE APES: A POSTCOLONIAL STUDY. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (HYBRIDITY IN TARZAN’S CHARACTER AS FOUND IN EDGAR RICE BURROUGHS’ TARZAN OF THE APES: A POSTCOLONIAL STUDY ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (70Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hibriditas yang terjadi pada Tarzan; karakter utama dalam novel Tarzan of the Apes karya Edgar Rice Burroughs. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan proses dari hibriditas yang terjadi pada Tarzan yang dilahirkan dari bangsawan Inggris, namun hidup dan dibesarkan di hutan Afrika oleh bangsa kera. Kemudian, penulis membahas dampak hibriditas tersebut terhadap karakter Tarzan. Dalam menganalisis novel ini, penulis menggunakan teori hibriditi yang berada dalam ruang lingkup dari kajian pasca-kolonial. Penulis mengumpulkan data berupa buku-buku ataupun referensi yang berkaitan dengan topik analisanya dengan menggunakan metode kajian pustaka. Dengan menggunakan metode kualitatif, penulis menganalisis datanya yang kemudian dipaparkan secara deskriptif dalam penelitian ini. Dari hasil analisis tersebut, penulis menemukan bahwa Tarzan tidak bisa mengidentifikasikan siapa dirinya sendiri sebagai seekor kera atau seorang manusia. Hal ini terjadi akibat dari budaya bangsa kera, budaya orang kulit hitam dan budaya orang kulit putih yang bertemu di dalam hutan tempat Tarzan tinggal yang mempengaruhi karakter Tarzan sehingga membentuknya menjadi sosok hybrid; seorang manusia berkulit putih yang berbudaya kera dan manusia. Sebagai akibat dari hibriditas ini, Tarzan mengalami kebingungan akan identitasnya sendiri. Walaupun pada akhirnya Tarzan terbukti sebagai anak dari bangsawan Inggris, Tarzan lebih memilih untuk menyembunyikan identitas aslinya dari bangsa kulit putih karena ia sendiri tidak yakin akan mampu hidup dalam lingkungan kulit putih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 15 Aug 2012 03:29
Last Modified: 15 Aug 2012 03:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item View Item