Repository Universitas Andalas

ANALISIS MORFOMETRI ULAR Dendrelaphis pictus Gmelin, 1789 (Serpentes : Colubridae)DI SUMATERA BARAT

PRATAMA, TOMI ANUGRAH (2010) ANALISIS MORFOMETRI ULAR Dendrelaphis pictus Gmelin, 1789 (Serpentes : Colubridae)DI SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS MORFOMETRI ULAR Dendrelaphis pictus Gmelin, 1789 (Serpentes : Colubridae) DI SUMATERA BARAT ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Analisis Morfometrik Ular Dendrelaphis pictus Gmelin, 1789 (Serpentes : Colubridae) di Sumatera Barat telah dilakukan sejak bulan Desember 2010 sampai Juni 2011. Pengambilan sampel dilakukan di Padang, Payakumbuh, Solok dan Bukittinggi metoda survei dan koleksi langsung di lapangan. Kemudian dilanjutkan di Laboratorium Taksonomi Hewan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas untuk pengukuran sampel. Hasil penelitian memperlihatkan variasi morfologi yang tinggi dan perbedaan antara populasi yang berada di dataran rendah, sedang dan tinggi. Karakter morfologi yang memperlihatkan variasi yang tinggi yaitu panjang total (PT), jumlah sisik temporal (∑ TMP), jumlah sisik supralabial kanan (JSSLK), jumlah sisik infralabial kanan (JSILK) dan jumlah sisik infralabial kiri (JSILki). Populasi D. pictus yang berada di dataran rendah cenderung mempunyai panjang total lebih panjang dibandingkan dengan dataran sedang dan tinggi. Populasi D. pictus di dataran rendah memiliki kecendrungan mempunyai jumlah sisik temporal yang lebih banyak dibandingkan dengan dataran sedang dan tinggi. Jumlah sisik supralabial kanan (JSSLK) pada populasi D. pictus di dataran tinggi lebih sedikit dibandingkan dengan dataran rendah dan menengah. Jumlah sisik infralabial kanan (JSILK) dan jumlah sisik infralabial kiri (JSILki) pada populasi D. pictus di dataran tinggi memiliki kecendrungan memiliki jumlah yang lebih kecil dibandingkan dengan populasi D. pictus di dataran rendah dan sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 07 Aug 2012 08:15
Last Modified: 07 Aug 2012 08:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17227

Actions (login required)

View Item View Item