Repository Universitas Andalas

Subalternisasi dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Bawang & Lelaki Kayu Karya Ragdi F. Daye Tinjauan Sosiologi Sastra

Elda, Yulyanti Cardena (2010) Subalternisasi dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Bawang & Lelaki Kayu Karya Ragdi F. Daye Tinjauan Sosiologi Sastra. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Subalternisasi dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Bawang & Lelaki Kayu Karya Ragdi F. Daye Tinjauan Sosiologi Sastra ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (79Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti permasalahan Subalternisasi dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Bawang dan Lelaki Kayu dengan menggunakan teori Sosiologi Sastra. Penelitian ini mengungkapkan, (1) unsur instrinsik membangun makna kumpulan cerpen Perempuan Bawang dan Lelaki Kayu, dan (2) subalternisasi yang terjadi pada kehidupan masyarakat dalam kumpulan cerpen Perempuan Bawang dan Lelaki Kayu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kumpulan cerpen Perempuan Bawang dan Lelaki Kayu karya Ragdi F. Daye adalah masyarakat yang berlatar belakang miskin dan bodoh serta masyarakat yang sering mengalami subalternisasi. Selanjutnya proses subalternisasi terjadi antara suami dengan istri, orang tua dengan anak, serta pejabat dengan masyarakat. Subalternisasi dialami oleh perempuan; perempuan sebagai istri, perempuan sebagai ibu, perempuan sebagai anak, dan perempuan sebagai buruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 07 Aug 2012 08:15
Last Modified: 07 Aug 2012 08:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17228

Actions (login required)

View Item View Item