Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN ROMO (ROTI MOCAF) YANG DIPERKAYA DENGAN TEPUNG KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) SEBAGAI SUMBER PROTEIN

Putri, Nezly Nurlia (2010) PEMBUATAN ROMO (ROTI MOCAF) YANG DIPERKAYA DENGAN TEPUNG KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) SEBAGAI SUMBER PROTEIN. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN ROMO (ROTI MOCAF) YANG DIPERKAYA DENGAN TEPUNG KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) SEBAGAI SUMBER PROTEIN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat substitusi MOCAF dan tepung kacang hijau dalam pembuatan ROMO dengan melihat karakteristik, nilai gizi dan organoleptik. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari empat perlakuan dan tiga ulangan. Data pengamatan dianalisis dengan uji F kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang digunakan adalah A (60% Tepung terigu: 40% MOCAF), B (60% Tepung terigu: 35% MOCAF: 5% Tepung kacang hijau), C (60% Tepung terigu: 30% MOCAF: 10% Tepung kacang hijau), D (60% Tepung terigu: 25% MOCAF: 15% Tepung kacang hijau). Pengamatan yang dilakukan dalam pembuatan ROMO ini adalah analisis bahan baku meliputi kadar air, abu, protein, lemak dan analisis fisik berupa rendemen. Pada ROMO meliputi kadar air, abu, protein, lemak, gula, karbohidrat, uji fisik berupa derajat pengembangan dan uji organoleptik yang terdiri dari rasa, aroma, tekstur dan warna dengan metode uji kesukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi MOCAF dan tepung kacang hijau dalam pembuatan ROMO memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap peningkatan kadar air, kadar abu, kadar protein, warna, rasa, derajat pengembangan dan penurunan kadar karbohidrat, kadar gula,. Namun memberikan pengaruh berbeda tidak nyata terhadap kadar lemak, aroma dan tekstur. Hasil uji organoleptik dan analisis kimia menunjukan produk D sebagai produk terbaik dengan nilai rata-rata kesukaan terhadap warna, aroma, tekstur dan rasa (3,63-32,90), kadar air (27,19%), kadar abu (1,36%), kadar protein (9,57%), kadar lemak (7,79%), kadar karbohidrat (52,67%), kadar gula (14,37%) dan derajat pengembangan (57, 23%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 07 Jan 2012 15:11
Last Modified: 07 Jan 2012 15:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17240

Actions (login required)

View Item View Item