Repository Universitas Andalas

ANALISIS SUMBANGAN NILAI EKONOMIS AIR PADA KINCIR AIR IRIGASI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DAN MASYARAKAT TANI

DEWI, ENDANG PURNAMA (2011) ANALISIS SUMBANGAN NILAI EKONOMIS AIR PADA KINCIR AIR IRIGASI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DAN MASYARAKAT TANI. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS SUMBANGAN NILAI EKONOMIS AIR PADA KINCIR AIR IRIGASI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DAN MASYARAKAT TANI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (113Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di jorong Lurah Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Canduang pada bulan Mei sampai Juli 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya sumbangan nilai ekonomis air pada kincir air irigasi yang terdapat di Jorong Lurah Nagari Panampuang, terutama sebagai bahan masukan bagi pemerintah atau petani untuk pengembangan kincir air selanjutnya di daerah yang memiliki sumber air di bawah areal persawahan. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan berikut :(1) Pengumpulan Data Primer dan Sekunder.(2) Wawancara dengan petani,(3) Pengolahan data dan keluaran berupa sumbangan nilai ekonomis air terhadap pendapatan petani. Data primer yang dihitung yaitu debit yang dihasilkan, kapasitas kincir dalam menaikkan air, karakteristik kincir, sedangkan data sekunder yaitu data curah hujan dan iklim daerah setempat. Selanjutnya wawancara dengan petani mengenai luas lahan, produksi selama 1 musim tanam. Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya nilai ekonomis air pada kincir air irigasi terhadap pendapatan petani sebesar Rp 62.64/liter atau Rp 62.640/m3. Dari peningkatan produktivitas dapat dilihat sebesar 40.06% dari sebelumnya selam 2 tahun. Sedangkan nilai B/C Ratio yaitu sebesar 4.59 dan Net Present Value sebesar Rp 55.537.932,80 sehingga dinilai layak secara ekonomis untuk pengembangan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Jan 2012 16:37
Last Modified: 06 Jan 2012 16:37
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17247

Actions (login required)

View Item View Item