Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN MEDIASI PERBANKAN SEBAGAI WUJUD PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH ( STUDI PADA KANTOR BANK INDONESIA PADANG )

NUHAR, RIYENTI (2010) PELAKSANAAN MEDIASI PERBANKAN SEBAGAI WUJUD PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH ( STUDI PADA KANTOR BANK INDONESIA PADANG ). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN MEDIASI PERBANKAN SEBAGAI WUJUD PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH ( STUDI PADA KANTOR BANK INDONESIA PADANG )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (82Kb) | Preview

Abstract

Adanya upaya pengembangan fitur produk, layanan maupun jaringan usaha yang dilakukan oleh setiap bank, akan menambah jumlah interaksi bisnis antara Nasabah dengan Bank, sehingga semakin banyak pula peluang terjadinya keluhan, pengaduan bahkan sengketa finansial antara nasabah dengan bank. Oleh karena itu, penyelesaian sengketa nasabah dengan bank, terutama bagi nasabah kecil dan usaha mikro dan kecil perlu diupayakan secara sederhana, murah, dan cepat melalui penyelenggaraan mediasi perbankan agar hak-hak mereka sebagai nasabah dapat terjaga dan terpenuhi dengan baik. Bank Indonesia telah menetapkan upaya perlindungan nasabah diantaranya adalah Penerbitan PBI No. 8/5/PBI/2006 tentang Mediasi Perbankan sebagaimana telah diubah dengan PBI No. 10/1/PBI/2008. Oleh karena itu dalam skripsi ini ada beberapa masalah yang menarik untuk dibahas dan dikaji menyangkut penerapan perlindungan hukum bagi nasabah, yaitu Bagaimana pelaksanaan mediasi perbankan pada KBI Padang dalam penyelesaian sengketa antara nasabah dengan bank serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan mediasi perbankan pada KBI Padang dan bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut. Untuk memperoleh data penelitian yang akurat, digunakan metode penelitian yuridis sosiologis (sosio legal research) yang bersifat deskriptif. Dari data primer dan sekunder yang dikumpulkan, penulis analisa dengan mempergunakan analisa kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa penerapan perlindungan hukum bagi nasabah pada KBI Padang terdapat pada rangkaian kebijakan dan prosedur tertulis tentang penerimaan pengaduan, penanganan dan penyelesaian pengaduan, serta pemantauan penanganan dan penyelesaian pengaduan,. Sedangkan proses beracara dalam Mediasi Perbankan secara teknis diatur dalam PBI No. 8/5/PBI/2006, Dalam pelaksanaan mediasi perbankan terdapat beberapa kendala diantaranya berupa penerapan cara mediasi perbankan yang belum membudaya, baik disisi bank maupun nasabah. Berdasarkan hasil penelitian penulis tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan mediasi perbankan pada KBI Padang dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 09 Jan 2012 16:36
Last Modified: 09 Jan 2012 16:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17277

Actions (login required)

View Item View Item