Repository Universitas Andalas

RESPONS BROILER PADA RANSUM YANG MENGANDUNG PRODUK FERMENTASI BUNGKIL INTI SAWIT YANG DITAMBAH ASAM HUMAT

DESVITA, MARIZA (2010) RESPONS BROILER PADA RANSUM YANG MENGANDUNG PRODUK FERMENTASI BUNGKIL INTI SAWIT YANG DITAMBAH ASAM HUMAT. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (RESPONS BROILER PADA RANSUM YANG MENGANDUNG PRODUK FERMENTASI BUNGKIL INTI SAWIT YANG DITAMBAH ASAM HUMAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemakaian produk fermentasi bungkil inti sawit dengan Aspergillus niger yang ditambah asam humat dalam ransum broiler. Penelitian ini menggunakan 100 ekor ayam broiler umur 3 hari campuran jantan dan betina strain Arbor Acress CP 707. Jenis kandang yang digunakan adalah kandang box dengan ukuran 70x60x80 cm masing-masing unit ditempati 4 ekor ayam. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan ransum yang diberikan adalah A = 0% BISFH; B = 3,4% BISFH; C = 6,8% BISFH; D = 10,2% BISFH; E = 13,6% BISFH dan F = 17% BISFH. Ransum disusun secara iso protein 22 % dan iso energi 3000 kkal/ kg. Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum (gram/ ekor), pertambahan bobot badan (gram/ ekor) dan konversi ransum. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa pemakaian produk fermentasi bungkil inti sawit dengan kapang Aspergillus niger yang ditambah asam humat memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata (P> 0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan BISFH dapat diberikan sampai level 17% dalam ransum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Apr 2012 05:36
Last Modified: 24 Apr 2012 05:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17287

Actions (login required)

View Item View Item