Repository Universitas Andalas

EFEKTIFITAS PELAKSANAAN RASKIN (BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN)(Studi Kasus: Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok)

S, SHIN AULY FRIDA (2010) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN RASKIN (BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN)(Studi Kasus: Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok). Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS PELAKSANAAN RASKIN (BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN) (Studi Kasus: Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (61Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Efektifitas Pelaksanaan Raskin (Beras Untuk Keluarga Miskin) di Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Waktu penelitian di lapangan terhitung selama dua bulan yakni dari bulan Desember 2010 sampai bulan Januari 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan program Raskin dan menganalisa efektifitas program Raskin di Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Metode yang digunakan adalah Studi Kasus, dimana yang menjadi sumber data Primer adalah instansi terkait dan RTS-PM Raskin, sedangkan untuk sumber data sekunder diperoleh dari insatansi terkait. Untuk tujuan pertaman digunakan metode deskriptif kulitatif dan untuk tujuan kedua digunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dilapangan diperoleh bahwa proses pelaksanaan program Raskin sudah berjalan dengan baik. Proses pelaksanaannya sesuai dengan proses pelaksanaan yang ada di Pedoman Umum Raskin. Secara umum efektifitas pelaksanaan Raskin sudah berjalan dengan baik, dengan indikator keberhasilan tepat sasaran 57%, tepat harga 100%, tepat jumlah 100%, tepat waktu 69%, tepat administrasi 69%, dan tepat kualitas 33%. Agar proses pelaksanaan Program Raskin dapat berjalan dengan efektif sesuai dengan indikator keberhasilannya, maka disarankan agar pemerintah memverifikasi data menganai jumlah RTS-PM raskin, menambah jumlah pagu Raskin dengan menyediakan dana Raskin daerah, menyediakan dana talangan dan meningkatkan kualitas layanan. Juga diperlukan kerjasama antara pihak Pemerintah Daerah, Perum Bulog, instansi terkait lainnya dan masyarakat dalam mengevaluasi keefektifan program Raskin agar dapat menghindari penyimpangan dilapangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 24 Apr 2012 05:36
Last Modified: 24 Apr 2012 05:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17295

Actions (login required)

View Item View Item